PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE SIMULASI DENGAN REINFORCEMENT DI SMPN 2 JETIS BANTUL

Ratna Wulandari, Muhsinatun Siasah Masruri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas IX C SMPN 2 Jetis Bantul setelah diterapkan metode simulasi dengan reinforcement. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classrrom action research) menggunakan desain Kemmis & Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX C SMPN 2 Jetis Bantul tahun pelajaran 2013/2014. Tindakan yang diterapkan adalah penerapan metode simulasi dengan reinforcement untuk dalam pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dan tes digunakan untuk menunjukkan hasil belajar siswa. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus. Siklus I mengunakan model simulasi dengan reinforcement verbal dan siklus II menggunakan model simulasi dengan reinforcement non verbal.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model simulasi dengan reinforcement meningkatkan aktivitas belajar IPS dari 14,28% pada siklus I menjadi 87,49% pada siklus II, hasil belajar IPS meningkat dari rata-rata kelas 81,07 pada siklus I menjadi 81,25 pada siklus II. Dengan demikian metode simulasi dengan reinforcement dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX C SMPN 2 Jetis Bantul.

 

IMPROVING THE SOCIAL STUDIES LEARNING RESULT THROUGH SIMULATION METHODS WITH REINFORCEMENT AT SMPN 2 JETIS BANTUL

Abstract

This research aims to improve the learning activity and social studies learning result at year IX C of  SMPN 2 Jetis Bantul  after appliying Simulation Methods with reinforcement. This research was a classrrom action research study using Kemmis & Taggart design. The subjects in this research were year IX C students SMPN 2 Jetis Bantul in the academic year of 2013/2014. Treatment that applied is simulation methods with reinforcement to improve the activity and social studies learning result. The data were collected through observation and tests. Observation technique was used to know activity learning result student in the social studies lerning and tests was used to show learning result. This research was done in two cycles. Cycle I used simulation methods with verbal reinforcement and Cycle II used simulation methods with non verbal reinforcement. The research show that the use of simulation methods with reinforcement improve social studies activity learning 14.28% in Cycle I to 87.49% in Cycle II, social studies learning result improve from classroom average 81.07 in Cycle I to 81.25 in Cycle II. The application of the simulation model through reinforcement was improve the social studies learning result the students of IXC SMPN 2 Jetis Bantul.


Keywords


simulasi; reinforcement; aktivitas siswa; hasil belajar IPS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i1.9696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:



Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916


View Harmoni Sosial Stats