PENINGKATAN KETERAMPILAN CARE GIVER DI POS PAUD WONOSARI GUNUNG KIDUL MELALUI METODE DEMONSTRASI
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v4i1.3425Abstract
Kondisi yang memprihatinkan muncul di POS PAUD Ngerboh I Wonosari adalah kurangnya keterampilan care giver dalam memberikan layanan pada anak usia dini. Sebagaimana yang terdapat di PAUD Gunung Kidul, para care giver berasal dari ibu rumah tangga yang mempunyai waktu luang dan bekerja secara suka rela tanpa mempunyai ketrampilan dan latar belakang pendidikan di bidang anak usia dini. Oleh karena itu pendidikan dan layanan perawatan anak-anak di PAUD perlu ditingkatkan lewat penambahan dan perluasan pengetahuan para pengasuh (care giver) dalam rangka meningkatkan kualitas layanan PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan care giver dalam penggunaan APE melalui metode demonstrasi, yang dilihat dari proses maupun hasil.
Penelitian tindakan ini mengambil subyek penelitian para care giver di POS PAUD Ngerboh I Wonosari yang berjumlah 6 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus selama 8 bulan keseluruhan. Kedua siklus memberikan tindakan penerapan metode demonstrasi dalam penggunaan APE selama pembelajaran di PAUD dengan beberapa variasi kegiatan yang terdapat di dalamnya. Masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara pengamatan, wawancara, dan tes kemampuan care giver. Instrumen yang digunakan adalah human instrument, catatan lapangan, lembar observasi, tes, dan lembar refleksi. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas demokrasi, validitas proses, dan validitas dialogis.
Temuan yang diperoleh dari penelitian tindakan ini adalah suatu realita yang terdapat di pembelajaran PAUD Ngerboh I Wonosari menunjukkan adanya peningkatan keterampilan care giver dalam menggunakan APE melalui metode demonstrasi. Hal ini dibuktikan dengan Sebagian besar care giver (80 persen dari total jumlah care giver) bahkan mampu memilih APE sesuai tema yang ingin disampaikan, serta membimbing anak mengembangkan kreatifitas (berpikir divergen) dalam menggunakan APE. Selain itu temuan lain yang muncul dalam penelitian ini adalah dengan diterapkannya metode demonstrasi dalam penggunaan APE, ternyata kualitas pembelajaran di POS PAUD Ngerboh I Wonosari menjadi semakin baik. Kegiatan anak semakin bervariasi dalam memilih dan memainkan berbagai jenis APE, sehingga suasana pembelajaran menjadi semakin menyenangkan.
Kata kunci : Keterampilan, Care Giver, APE
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).