EFEKTIFITAS REAL MICROTEACHING PADA PROGRAM PPL I (MICROTEACHING) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI FISE UNY
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v2i2.3402Abstract
Penelitian ini pada dasarnya berpijak dari dan bertujuan untuk menjawab permasalahan bagaimanakah meningkatkan efektifitas waktu dan tempat dalam pelaksanaan Real Microteaching, bagaimana pemilihan materi yang tepat dan untuk meningkatkan kemampuan mengajar bagi mahasiswa calon guru.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode ini dipilih dengan pertimbangan bahwa penelitian ini dilaksanakan melalui pengamatan dan wawancara yang mendalam terhadap beberapa mahasiswa yang mengikuti praktik pengajaran mikro dengan model real microteaching. Lokasi penelitian adalah di program studi Pendidikan Sosiologi, FISE, UNY pada tahun ajaran 2008. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi langsung, kemudian dilengkapi dengan wawancara yang mendalam terhadap responden dan dilengkapi dengan dokumen pelaksanaan real microteaching berupa catatan maupun berupa rekaman audio visual.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek waktu dan tempat pelaksanaan, real microteaching memerlukan waktu yang lebih lama dan tempat pelaksanaan yang memadai terkait dengan kehadiran siswa (real) ke kampus. Dilihat dari aspek materi yang disampaikan bisa lebih baik karena menyesuaikan materi yang sedang dan akan diajarkan di sekolah. Dilihat dari aspek siswa yang dijadikan model, terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan real microteaching, siswa lebih alami melakukan kegiatan pembelajaran karena kehadiran mahasiswa praktikan dan nuansa baru pembelajaran dengan multimedia yang lebih menarik. Dilihat dari segi praktikan yang kurang siap, ternyata dengan kegiatan real microteaching mahasiswa praktikan justru menjadi lebih siap karena harus menghadapi situasi alami disek3lah meskipun dalam keadaan yang mikro baik siswanya maupun materinya. Dilihat dari aspek supervisor yang ada dalam ruangan, ternyata kehadirannya menyebabkan suasana tampak lebih tegang, kurang alami berbeda dengan situasi pembelajaran mikro yang dilakukan di dalam Laboratorium Mikro Teaching yang memang sudah dipersiapkan tempat khusus bagi supervisor sehingga kehadirannya tidak mengganggu pelaksanaan real microteaching.
Kata Kunci : Efektifitas, Real Microteaching, Pendidikan Sosiologi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).