Pengaruh dukungan orangtua terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v18i2.40503Keywords:
dukungan orang tua, motivasi belajar, pembelajaran jarak jauhAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dukungan orang tua dalam bentuk dukungan informasi, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan emosional terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. Desain penelitian ini adalah kuantitatif survei dengna populasi penelitian yang dipilih adalah siswa SMP di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda untuk mengetahui adakah pengaruh pada dukungan informasi (X1), dukungan penghargaan (X2), dukungan instrumental (X3), dan dukungan emosional (X4) terhadap variabel motivasi belajar anak (Y) selama pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua mencakup dukungan informasi, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan emosional. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa dari empat variabel dukungan orang tua di antaranya dukungan informasi, dukungan instrumental, dan dukungan informasi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi anak selama pembelajaran jarak jauh. Sementara itu dukungan penghargaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengetahui karakteristik siswa yang akan dijadikan sebagai responden penelitian guna memperdalam pembahasan dari masing-masing variabel dan data yang diperoleh semakin dapat menghasilkan analisis data yang mendalam.
References
Adawiyah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7, 33–48. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3534
Friedman, M. M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori, dan Praktek (5th ed.). UI Press.
Hasgimianti. (2017). Perhatian Orangtua Terhadap Kegiatan Belajar. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 16(1), 56–75. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27866
Hidayah, F. N. (2012). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa.
Mahdalena. (2015). Marah Bentuk Kasih Sayang pada Anak. 1(2), 119–129. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/67/66
Prasetyo, F. A. D. (2018). Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak. Universitas Sinarta Dharma Yogyakarta.
Pratiwi, I. H., & Laksmiwati, H. (2012). Pengaruh Dukungan Emosional, Dukungan Penghargaan, Dukungan Instrumental dan Dukungan Informatif Terhadap Stress Remaja di Yayasan Panti Asuhan Putra Harapan Asrori Malang. https://core.ac.uk/download/pdf/230625736.pdf
Rahmi, E. K. A. V. (2011). Pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar musik pada remaja. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/4926/1/EKA VERA RAHMI-FPS.PDF
Rosmalinda, D., & Zulyanty, M. (2019). Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul. Gentala Pendidikan Dasar, 4(I), 64–75. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6848
Setiawan, A. Y. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa. https://eprints.uny.ac.id/52247/1/SKRIPSI.pdf
Sinaga, J. D. (2018). Tingkat dukungan orang tua terhadap belajar siswa. Indonesian Journal of Education Counseling, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.30653/001.201821.19
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rinekacipta.
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis WhatsApp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Janapati, 8, 81–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204
Sudijono. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Grafindo Persada.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.