Pengaruh dukungan orangtua terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v18i2.40503

Keywords:

dukungan orang tua, motivasi belajar, pembelajaran jarak jauh

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dukungan orang tua dalam bentuk dukungan informasi, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan emosional terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. Desain penelitian ini adalah kuantitatif survei dengna populasi penelitian yang dipilih adalah siswa SMP di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda untuk mengetahui adakah pengaruh pada dukungan informasi (X1), dukungan penghargaan (X2), dukungan instrumental (X3), dan dukungan emosional (X4) terhadap variabel motivasi belajar anak (Y) selama pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua mencakup dukungan informasi, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan  dukungan emosional. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa dari empat variabel dukungan orang tua di antaranya dukungan informasi, dukungan instrumental, dan dukungan informasi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi anak selama pembelajaran jarak jauh. Sementara itu dukungan penghargaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengetahui karakteristik siswa yang akan dijadikan sebagai responden penelitian guna memperdalam pembahasan dari masing-masing variabel dan data yang diperoleh semakin dapat menghasilkan analisis data yang mendalam.

References

Adawiyah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7, 33–48. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3534

Friedman, M. M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori, dan Praktek (5th ed.). UI Press.

Hasgimianti. (2017). Perhatian Orangtua Terhadap Kegiatan Belajar. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 16(1), 56–75. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27866

Hidayah, F. N. (2012). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa.

Mahdalena. (2015). Marah Bentuk Kasih Sayang pada Anak. 1(2), 119–129. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/67/66

Prasetyo, F. A. D. (2018). Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak. Universitas Sinarta Dharma Yogyakarta.

Pratiwi, I. H., & Laksmiwati, H. (2012). Pengaruh Dukungan Emosional, Dukungan Penghargaan, Dukungan Instrumental dan Dukungan Informatif Terhadap Stress Remaja di Yayasan Panti Asuhan Putra Harapan Asrori Malang. https://core.ac.uk/download/pdf/230625736.pdf

Rahmi, E. K. A. V. (2011). Pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar musik pada remaja. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/4926/1/EKA VERA RAHMI-FPS.PDF

Rosmalinda, D., & Zulyanty, M. (2019). Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul. Gentala Pendidikan Dasar, 4(I), 64–75. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6848

Setiawan, A. Y. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa. https://eprints.uny.ac.id/52247/1/SKRIPSI.pdf

Sinaga, J. D. (2018). Tingkat dukungan orang tua terhadap belajar siswa. Indonesian Journal of Education Counseling, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.30653/001.201821.19

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rinekacipta.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis WhatsApp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Janapati, 8, 81–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Sudijono. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Grafindo Persada.

Published

2021-12-31

How to Cite

Wijaya, R. W., Purnomo, A., & Idris, I. (2021). Pengaruh dukungan orangtua terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(2), 113–120. https://doi.org/10.21831/socia.v18i2.40503