Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS SMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.22023Keywords:
metode pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: (1) metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS; (2) metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS pada siswa gaya belajar auditorial; (3) metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS pada siswa gaya belajar visual; dan (4) interaksi metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dan terpilih SMP Negeri 2 Yogyakarta dan SMP Negeri 9 Yogyakarta. Validitas instrumen hasil belajar diukur dengan expert judgement dan reliabilitasnya dengan iteman. Validitas angket diukur dengan analisis faktor dan reliabilitasnya menggunakan Cronbach's Alpha. Normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Homogenitas data menggunakan Levene test. Uji hipotesis menggunakan Analisis Varian 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS (0,003 < 0,05); (2) tidak terdapat pengaruh metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS pada siswa gaya belajar auditorial (0,815 > 0,05); (3) terdapat pengaruh metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS pada siswa gaya belajar visual (0,001 < 0,05); dan (4) terdapat interaksi pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS (0,001 < 0,05).References
Kilbane, C.R. & Milman, N.B. (2014). Teaching models designing instruction for 21st century learners. New York: Pearson.
Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
O'Leary, C. & Stewart, J. (2013). The interaction of learning style and teaching methodologies in accounting ethical instruction. Journal of Business Ethics, 113(2), 225 - 241.
Rainsch, S. (2004). Dynamic strategic analysis: demystifying simple success strategies. Wiesbaden: Deutscher Universitasts-Verlag.
Sanjaya, W. (2006). Proses belajar mengajar berorientasi standar proses. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Supardi. (2011). Dasar-dasar ilmu sosial. Yogyakarta: Ombak.
Utami, P., & Gafur, A. (2015). Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS di SMP negeri di kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97-103. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/4622
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.