Pengaruh kemandirian belajar, minat belajar, disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22680Keywords:
kemandirian belajar, minat belajar, disiplin belajar, lingkungan belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini meneliti apakah ada pengaruh kemandirian belajar,minat belajar,disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa khusunya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII Di SMPN 2 Pakel tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, produk momen, uji t, uji F dan uji R2 dengan menggunakan bantuan program SPSS 23.0, for windows. Dilihat dari analisis linier berganda dengan hasil kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 1,300 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,661 nilai signifikan 0,002, minat belajar sebesar 0,738 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,835 nilai signifikan 0,003, disiplin belajar sebesar 1,466 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0.716 nilai signifikan 0,001 dan lingkungan belajar 0,087 lebih kecil dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,604 nilai signifikan 0,004.
References
Apriatun.(2014). Makalah. Menumbuhkan Minat belajar pada siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan: Universitas PGRI Yogyakarta
Data siswa tahun pelajaran 2016/2017 SMPN 2 Pakel
Fatoni, A. (2015). Pengaruh perhatian orang tua, kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi ekonomi akuntasi sisswa kelas XI IPS di SMAN 2 Re,namh tahun pelajaran 2014/2015. Tesis publish
Fatoni, M. (2016). Pengaruh kedisiplinan, minat belajar, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ips siswa smkn 1 godean tahun 2015/2016. Universitas Pgri Yogyakarta. Tesis Publish
Hakim, T.(2002). Belajar secara efektif. Jakarta: Puspa Suara
Majid. A. (2015). Penilaian autentik proses dan hasil belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Putri. M. E. (2011). Pengaruh kebiasaan belajar persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa Kelas X SMA N 1 Patuk Gunung kidul Tahun Ajaran 2011/2012. Tesis Publish
Suryosubroto. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sobri. M. (2014). Pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial. I (1) (43-56).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.