Pengaruh kemandirian belajar, minat belajar, disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa

Authors

  • Fitri Rahayu Magister Pendidikan IPS Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22680

Keywords:

kemandirian belajar, minat belajar, disiplin belajar, lingkungan belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini meneliti apakah ada pengaruh kemandirian belajar,minat belajar,disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa khusunya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII Di SMPN 2 Pakel tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, produk momen, uji t, uji F dan uji R2 dengan menggunakan bantuan program SPSS 23.0, for windows. Dilihat dari analisis linier berganda dengan hasil kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 1,300 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,661 nilai signifikan 0,002, minat belajar sebesar 0,738 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,835  nilai signifikan 0,003, disiplin belajar sebesar 1,466 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0.716 nilai signifikan 0,001 dan lingkungan belajar 0,087 lebih kecil dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,604 nilai signifikan 0,004.

References

Apriatun.(2014). Makalah. Menumbuhkan Minat belajar pada siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan: Universitas PGRI Yogyakarta

Data siswa tahun pelajaran 2016/2017 SMPN 2 Pakel

Fatoni, A. (2015). Pengaruh perhatian orang tua, kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi ekonomi akuntasi sisswa kelas XI IPS di SMAN 2 Re,namh tahun pelajaran 2014/2015. Tesis publish

Fatoni, M. (2016). Pengaruh kedisiplinan, minat belajar, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ips siswa smkn 1 godean tahun 2015/2016. Universitas Pgri Yogyakarta. Tesis Publish

Hakim, T.(2002). Belajar secara efektif. Jakarta: Puspa Suara

Majid. A. (2015). Penilaian autentik proses dan hasil belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Putri. M. E. (2011). Pengaruh kebiasaan belajar persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa Kelas X SMA N 1 Patuk Gunung kidul Tahun Ajaran 2011/2012. Tesis Publish

Suryosubroto. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sobri. M. (2014). Pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial. I (1) (43-56).

Published

2019-06-20

How to Cite

Rahayu, F. (2019). Pengaruh kemandirian belajar, minat belajar, disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 212–221. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22680