PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI KABUPATEN TEMANGGUNG

Fatimah Nur Rahmawati, Mukminan,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) hasil belajar sejarah antara model pembelajaran TPS dan NHT, (2) hasil belajar sejarah antara model TPS dan NHT pada kelompok motivasi tinggi, (3) hasil belajar sejarah antara model TPS dan NHT pada kelompok motivasi rendah,  dan (4) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sejarah. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Temanggung. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Parakan berjumlah 32 peserta didik, dan peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Candiroto berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment. Analisis data menggunakan teknik Anava dua jalur. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model TPS dan NHT terhadap hasil belajar sejarah, dengan F = 5,801 dan p = 0,019 < 0,05, (2) model NHT lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelompok motivasi tinggi, dengan F = 0,127 dan p = 0,724 > 0,05, (3) model TPS lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelompok motivasi rendah, dengan   F

= 12,418 dan p = 0,002 < 0,05, dan (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran sejarah, dengan F = 6,361 dan p = 0,014 < 0,05.

 

Kata kunci: Model TPS, Model NHT, Hasil Belajar, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL SOCIA



SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats