PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI KABUPATEN TEMANGGUNG
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12570Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) hasil belajar sejarah antara model pembelajaran TPS dan NHT, (2) hasil belajar sejarah antara model TPS dan NHT pada kelompok motivasi tinggi, (3) hasil belajar sejarah antara model TPS dan NHT pada kelompok motivasi rendah, dan (4) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sejarah. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Temanggung. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Parakan berjumlah 32 peserta didik, dan peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Candiroto berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment. Analisis data menggunakan teknik Anava dua jalur. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model TPS dan NHT terhadap hasil belajar sejarah, dengan F = 5,801 dan p = 0,019 < 0,05, (2) model NHT lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelompok motivasi tinggi, dengan F = 0,127 dan p = 0,724 > 0,05, (3) model TPS lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelompok motivasi rendah, dengan F
= 12,418 dan p = 0,002 < 0,05, dan (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran sejarah, dengan F = 6,361 dan p = 0,014 < 0,05.
Kata kunci: Model TPS, Model NHT, Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.