Motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22679Keywords:
motivasi berwirausaha, pendidikan, pekerjaan, pendapatan orang tua.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berwirausaha mahasiswa dan perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Samawa dilihat dari pendidikan, pekerjaan dan pendapatan orang tua. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Samawa dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2014 sebanyak 49 orang yang dipilih dengan teknik probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik paramatrik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Samawa berada pada ketegori sedang (cukup kondusif) dengan persentase (60,46%), (2) tidak ada perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi dilihat dari pendidikan orang tua antara tamatan diploma/sarjana, tamatan SMA/SMK/MA/Sederajat dan SMP/MTs/Sederajat dengan nilai signifikansi (p: 0,925 > 0,05), (3) ada perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa pendidikan dilihat dari pekerjaan orang tua antara wirausaha dan non wirausaha dengan nilai signifikansi (p: 0,000 < 0,005), (4) tidak ada perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi dilihat dari pendapatan orang tua antara pendapatan tertinggi, pendapatan sedang dan pendapatan terendah dengan nilai signifikansi (p: 0,925>0,05).
References
Alma, Buchari. (2013). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.
BPS. (2016). Pengangguran terbuka menurut pendidikan tinggi yang ditamatkan. Di NTB Akhir Tahun 2016. Nusa Tenggara Barat: BPS Provinsi NTB. diakses tanggal 2 Desember 2016 pukul 13.00.
Ganefi. M, Ratih. S. and Harmoni. A. (2012). Entrepreneurship antecedent on student (case: female students final on year Gunadarma University). Jurnal Ekonomi Bisnis, 17(1), pp: 51-60
Handayani, Tri & Suyanto. (2016). Hubungan EQ, pengetahuan kewirausahaan, dan hasrat marginal menabung, dengan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan ekonomi. Jurnal Harmoni sosial: Jurnal Pendidikan IPS. Volume 3, No 1, (pp. 95-104).
Hermina, U.N, Syarifah, N dan Desvira, Z. 2011. Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa menjadi wirausaha pada program studi administrasi bisnis Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Eksos, 7(2), pp:130-141.
Indrakusuma, A. (1993) .Pengantar ilmu pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Kadariyah. 1982. Analisa pendapatan nasional. Jakarta: Bima Aksara
Mahmood, R., L. Julienti., M. Yusop., M. Shukri., N. Deraman., N. Zakaria., S. Abdullah., R.M. Saad., A. Nasyrah.(2007). Prinsip-prinsip Asas Keusahawanan. Singapore: Thomson.
Mubassaroh, Siti dan Edwina, T.N. (2014). Hubungan pengetahuan antara tentang kewirausahaan dan dukungan orang tua dengan minat berwiraswasta pada siswa SMK Negeri 2 Wonosari. Jurnal ilmiah guru "COPE", 2, pp: 62-72.
Purbayu & Ashari. (2005). Analisis statistic dengan microsoft excel & SPSS. Yogyakarta: Andi.
Saiman, Leonardus. (2014). Kewirausahaan: Teori, Praktik dan Kasus-kasus edisi 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Sugiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang, 2013. Perilaku konsumen, CAPS (Center of Academy Publishing Service), Yogyakarta.
Santrock W. John. (2009). Educational psychology. Educational psychology. (3rd edition). New York: McGraw Hill,Inc.
Suyatno Purnama, Chamdan. (2010). Motivasi dan kemampuan usaha dalam meningkatkan keberhasilan usaha industri kecil (studi pada industri kecil sepatu di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, pp. 177-184.
Syaiful, Bahri Djamarah. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ven Sriram, Tigineh Mersha, (2010) "Stimulating entrepreneurship in Africa", World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, Vol. 6 Issue: 4, pp.257-272. (https://doi.org/10.1108/20425961201000020 diakses pada tanggal 31 agustus 2017).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.