Pengaruh kultur sekolah, konsep diri, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa
DOI:
https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.9480Keywords:
kultur sekolah, konsep diri, status sosial ekonomi orang tua, perilaku konsumtifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kultur sekolah, konsep diri, dan status sosial ekonomi orang tua secara parsial dan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang berjumlah 2.706 siswa. Sampel penelitian sebesar 366 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) kultur sekolah berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 23,3%, (2) konsep diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 22,1%, (3) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 12,5%, dan (4) kultur sekolah, konsep diri, dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 36,2%.
Kata kunci: kultur sekolah, konsep diri, status sosial ekonomi orang tua, perilaku konsumtif
THE EFFECT OF SCHOOL CULTURE, SELF-CONCEPT, AND SOCIO-ECONOMIC STATUS OF PARENTS ON CONSUMPTIVE BEHAVIOR STUDENTS
Abstract
This study aims to investigate the effect of school culture, self-concept, and socio-economic status of parents partially and simultaneously on consumptive behavior of state senior high school students in the city of Yogyakarta. This was an ex post facto study. The research population was all eleventh grade students in state senior high school in the city of Yogyakarta with total of 2,706 students. The research sample was 366 students. The data were collected through a questionnaire. The data were analyzed by means of the descriptive analysis, simple regression analysis, and multiple regression analysis. The results of the study are: (1) school culture has an effect on consumptive behavior of state senior high school students in the city of Yogyakarta with a contribution of 23.3%, (2) self-concept has an effect on consumptive behavior of state senior high school students in the city of Yogyakarta with a contribution of 22.1%, (3) socio-economic status of parents has an effect on consumptive behavior of state senior high school students in the city of Yogyakarta with a contribution of 12.5%, and (4) school culture, self-concept, and socio-economic status have effects on consumptive behavior of state senior high school students in the city of Yogyakarta with a contribution of 36.2%.
Keywords: school culture, self-concept, socio-economic status of parents, consumptive behavior
References
Deal, T.C. & Peterson, K.D. (2009). Shaping school culture; pitfalls, paradoxes, & promises. (2nd Ed.). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.
Durmaz, Y. (2014). The influence of cultural factors on consumer buying behaviour and an application in Turkey. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing, 14 (1), 37-44.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. (5th Ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafie, Z. (2014). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif remaja terhadap produk distro ada siswa kelas X SMA N 4 Yogyakarta. Skripsi S1, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Haryanto, S. (2011). Sosiologi ekonomi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hidayatun, U. (2015). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi S1, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Lee, M.J. (2006). Budaya konsumen terlahir kembali; arah baru modernitas dalam kajian modal konsumsi dan kebudayaan. (Terjemahan Nurhadi). London: Routledge. (Buku asli diterbitkan tahun 1993).
Khare, A. & Handa, M. (2009). Role of individual self-concept and brand personality congruence in determining brand choice. Innovative Marketing, 5(4).
Kotler, P. & Armstrong, G. (2009). Prinsip-prinsip pemasaran (12th Ed.). (Terjemahan Bob Sabran). New York: Pearson Education, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 1997).
Mangkunegara, A. A. A. P. (2012). Perilaku konsumen. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mocanu, R. (2013). Brand image as a function of self-image and self-brand connection. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 1(3).
Muijs, D. (2004). Doing quantitative research in education with SPSS. California: SAGE Publications Ltd.
Pangastuti, B.K.D.G. (2014). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Skripsi S1, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Piliang, Y. A. (2003). Hipersemiotika; tafsir cultural studies atas matinya makna. Yogyakarta: Jalasutra.
Piliang, Y. A. (2011). Dunia yang dilipat; tamasya melampaui batas-batas kebudayaan (3rd Ed.). Bandung: Matahari.
Ritzer, G. & Smart, B. (2011). Handbook teori sosial. (Terjemahan oleh Muttaqien, Widowatie, & Waluyati). London: SAGE Publications. (Buku asli diterbitkan tahun 2001).
Sipunga, P.N. & Muhammad, A.H. (2014). Kecenderungan perilaku konsumtif remaja ditinjau dari pendapatan orang tua pada siswa-siswi SMA Kesatrian 2 Semarang. Journal of Social and Industrial Psychology, 3(1).
Sukari, Larasati.T.A., Mudjijono, & Susilantini. E. (2013). Perilaku konsumtif siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta.
Widyaningsih, T. S. (2007). Hubungan kultur sekolah dengan kinerja sekolah di SMP Negeri Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 10(2).
Yunita, R. (2014). Hubungan antara self esteem dengan perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Yogayakarta. Skripsi S1, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Zamroni. (2007). Pendidikan dan demokrasi dalam transisi (prakondisi menuju era globalisasi). Jakarta: PSAP Muhammadiyah.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
![]() | Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS by http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |