Pengaruh gaya kepemimpinan, budaya sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru SMP swasta

Vivi Candra, Acai Sudirman, Pasaman Silaban

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dampak gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan motivasi terhadap kinerja guru di SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jumlah anggota populasi adalah 31 orang. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner atau sensus. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada responden untuk mencari data yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian dan hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa secara parsial, variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, variabel budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dan variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru, maka SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru, seperti kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan motivasi.  Dengan mengetahui pengaruh hubungan tersebut dapat dijadikan sebagai parameter untuk merancang strategi dimasa yang akan datang guna meningkatkan kinerja guru.

 

Abstract

This study aims to examine the impact of principals' leadership style, school culture, and motivation on teacher performance at Sultan Agung Pematangsiantar Middle School. The number of members of the population is 31 people. Therefore, this study uses a quantitative descriptive method using a questionnaire or census. The research instrument in this study is a questionnaire that was distributed directly to respondents to look for data related to this study. The data analysis method used is the quantitative analysis and qualitative analysis. The results of the study and the results of data collection showed that partially, the principal leadership style variable had a significant effect on teacher performance, the school culture variable had a significant effect on teacher performance, and the motivation variable had a significant effect on teacher performance. The empirical findings indicate that to improve teacher performance, Sultan Agung Pematangsiantar Middle School needs to pay attention to the factors that influence teacher performance, such as principals' leadership, school culture, and motivation. Because by knowing the effect of the relationship can be used as a parameter to design a strategy in the future to improve teacher performance.


Keywords


Budaya sekolah; gaya kepemimpinan; kinerja guru; motivasi; school culture; leadership style; teacher performance; motivation

Full Text:

PDF

References


Adinata, U. W. S. (2015). Pengaruh kepemimpinan transformasional, motivasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan KJKS BMT Tamzis Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterpreurship, 9(2), 136-157.

Aguswara, W. W., & Rachmadtullah, R. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369-387. doi:https://doi.org/10.21009/JPUD.112.14

Al Hadromi, F. (2017). Analisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi, kedisplinan dan kinerja guru di SD Islam Lumajang. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 11(1), 109-123.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(2), 14-23. Doi:http://dx.doi.org/10.29040/jap.v17i02.11

Eros, E. (2014). Pengaruh motivasi dan kedisiplinan kerja guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Jurnal Adminitrasi Publik dan Birokrasi, 1(1), 1-12.

Greenberg, J. (2010). Managing In Organization (5th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Hadi, S. (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru dan pegawai tata usaha MTs Negeri Ngawi. Jurnal AL-MURABI, 1(2), 49-62.

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMA Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2). 265-277. doi:http://dx.doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342

Hasibuan, M. S. (2005). Manajemen sumber daya manusia (edisi revisi). Jakarta: Bumi aksara.

Jumriatunnisah, N., & Hasmin T. (2016). Pengaruh budaya sekolah, kompensasi dan motivasi internal terhadap kinerja guru honorer pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. Jurnal Mirai Management, 1(1), 25-41. doi:https://doi.org/10.1234/mirai.v1i1.3

Luthans, F. (2006). Perilaku organisasi (10th ed.). Yogyakarta: Andi.

Mangkunegara, A. A. P. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Meindinyo, R. O., & Ikurite, N. (2017). Influence of motivation on teacher's performance in a local government area in Nigeria. Journal of Humanities and Social Science, 22(5), 22-28.

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pramesti, D., & Muhyadi, M. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 43-56. doi:https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.11854

Pramudyo, A. (2010). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dosen negeri pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Teori Implementasi, 1(1), 1-11.

Sidabutar, R. U. O., Lie, D., & Inrawan, A. (2017). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 1 Panei. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(2), 38-46.

Suharto, B. C. (2005). pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja sumber daya manusia di Sekretariat DPRD propinsi Jawa Tengah. Jurnal Jurnal Riset dan Bisnis Indonesia, 1(1), 369-387.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Pasal 3, tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, A., & Ari, S. (2017). Kepemimpinan intrapreneurship, budaya sekolah dan kinerja inovasi guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 176-193. doi:https://doi.org/10.21009/JPEB.005.2.5




DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.25359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:



Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916


View Harmoni Sosial Stats