Implementasi pendidikan karakter demokratis melalui pembelajaran ppkn pada siswa kelas XII

Endrise Septine Rawanoko, Wuri Wuryandani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter demokratis pada siswa di SMAN 1 Kesamben Kabupaten Jombang melalui pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan oleh peneliti untuk memperoleh data saat proses pembelajaran berlangsung. Wawancara digunakan oleh peneliti untuk memperoleh data dari guru dan siswa di SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Jombang. Data dokumentasi yang diperoleh peneliti berupa perangkat pembelajaran yang dimiliki guru yaitu RPP. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi teknik (observasi, wawancara, dan dokumentasi) dan pencocokan data dengan teori. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai karakter demokratis di masukkan guru melalui mata pelajaran PPKn dengan menggunakan metode diskusi. Sedangkan evaluasi dari penanaman karakter demokratis dilakukan dengan evaluasi tertulis dan tidak tertulis untuk melihat moral knowing, moral feeling, and moral action.

Kata Kunci: pendidikan karakter demokratis, pembelajaran PPKn

 

THE IMPLEMENTATION OF DEMOCRATIC CHARACTER EDUCATION THROUGH PANCASILA AND CIVIC IN GRADE XII

Abstract

This research was aimed to explain the implementation of a democratic character education through Pancasila and civics in grade XII students of senior high school. This was a descriptive qualitative study. The research data were collected through observation, interview and documentation. The observation was used to obtain data during the learning process. Interview was used to obtain data from the teacher and students in Senior High School in Kesamben Jombang Regency. The document used as information research way a set of lesson plan. Data validity of this research was obtained through triangulations technique (observation, interview, and documentation) and data theory verification. Data analyses used were data reduction, data presentation, and data verification. This research showed that the implementation of a democratic character education through the Pancasila and civics in grade XII students of senior high school could be applied well using a discussion learning method. The evaluation for character democratic used written evaluation and non test evaluation for know a moral knowing, moral feeling, and moral action.

Keywords: democratic character education, Pancasila and civic learning

Keywords


pendidikan karakter demokratis; pembelajaran PPKn

Full Text:

Fulltext PDF

References


Aziz, A. & Sapriya. (2011). Teori dan landasan pendidikan kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Bahmueller, C. F., & Patrick, J. J. (1999). Principles and practices of democratic citizenship: Internasional perspektif and projects. Indiana University. U.S. Departement Of Education: Education Resources Information Center (ERIC).

Bernstein, L. J. (2008). Cultivating civic competence: simulations and skill building in an introductory government class. Journal of Political Science Education, 4(1), 1-20.

Biesta, G. J. J. (2011). Learning democracy in school and society. Rotterdam/Boston/Taipe. Sense Publisher.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2013). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2013). Pendidikan karakter kajian teori dan praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kivisto, P., & Faist, T. (2007). Citizenship: theory, and transnasional

prospects. Blackwell Publishing Ltd.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan karakter: konsepsi dan implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lickona, T. (1991). Educating for character how our schools can teach

respect and responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Auckland. Bantam Books.

Lickona, T. (1997). The teacher's role ini character education. Journal of Education, 179(2).

Print, M. (2008). Education for democratic citizenship in Australia. The SAGE Handbook of Education for Citizenship and Democracy.

Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Presiden Republik Indonesia. Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Robinson, I. W. (1996). Globalization, the world system, and “democracy promotion” in U. S. Foreign Policy. Theory and Society, 25(5), 615-665.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ubaidillah, A., & Rozak, A. (2015). Pendidikan kewarganegaraan (civic education) demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zamroni. (2001). Pendidikan untuk demokrasi tantangan menjuj civil society. Yogyakarta: Bigraf Publishing.




DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.10188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:



Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916


View Harmoni Sosial Stats