KOMPETENSI GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PEDIDIKAN KARAKTER DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA TERNATE
DOI:
https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2432Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas: semua guru, kepala sekolah, dan siswa sebagai responden. Objek penelitian ini adalah kompetensi guru dalam menerapkan berbagai metode untuk pendidikan karakter pada pembelajaran IPS yang terintegrasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif model induktif.Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Kompetensi guru IPS dalam pedidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 dan 2 Kota Ternate belum memuaskan. Hal ini disebabkan oleh guru IPS masih kurang memiliki wawasan dasar keilmuan karakter. Di samping itu juga, guru belum aktif dan kreatif, serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan wawasan pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran IPS. (2) Metode pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate masih cenderung bersifat konvensional, yaitu ceramah. (3) Kendala-kendala yang ditemukan dalam pembelajaran pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate yaitu berasal dari guru, sarana, dan prasarana yang belum memadai, lemahnya kesadaran peserta didik, dana dan pembiayaan yang masih kurang, program pembelajaran, pembinaan karakter karena masih kurangnya pemahaman dari pembina atau guru, serta buku-buku penunjang yang digunakan untuk kepentingan proses pembelajaran.
Kata kunci: kompetensi guru IPS, pembelajaran, dan pendidikan karakter
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
![]() | Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS by http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |