Pengembangan LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery sebagai upaya peningkatan hasil belajar

Asmaul Husna, Endang Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) spesifikasi; (2) kelayakan; (3) keterlaksanaan; (4) efektivitas; dan (5) respon peserta didik terhadap LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery, untuk peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model 4-D dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penilaian LKPD dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi, satu guru ekonomi, dan satu teman sejawat. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas X SMA, dengan rincian enam peserta didik  kelas X-3 SMAN 1 Kretek untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 peserta didik kelas X-1 SMAN 1 Kretek untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data keterlaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pengamatan oleh dua orang pengamat, angket respon peserta didik, dan tes (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) spesifikasi LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery berupa media cetak; (2) hasil kelayakan LKPD ditinjau dari keseluruhan aspek penilaian oleh para ahli, secara umum termasuk kategori sangat layak; (3) keterlaksanaan LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery sebesar 84,50% dengan kategori tinggi; (4) pada pembelajaran dengan menggunakan LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery efektif meningkatkan: a) hasil belajar peserta didik sangat baik termasuk kategori baik; b)  karakter  tanggung jawab peserta didik sangat baik, perkembangan karakter jujur termasuk dalam kategori sangat tinggi, sedangkan rata-rata perkembangan karakter disiplin termasuk kategori tinggi; dan (5) respon peserta didik  terhadap LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery termasuk kategori sangat tinggi.

Kata kunci: LKPD, pendekatan discovery, hasil belajar, pendidikan karakter

 

DEVELOPING WORKSHEET INTEGRATING CHARACTERS USING THE DISCOVERY APPROACH IN AN EFFORT TO IMPROVE LEARNING ACHIEVEMENT

Abstrack

The aims of this research are to reveal: (1) specifications, (2) appropriateness; (3) feasibility; (4) effectiveness; and (5) response of the students to the worksheet integrating character with the discovery approach for high school students. This study was research and development that adapted the model of 4-D with the phases including define, design, develop, and disseminate. The assessment of worksheet was conducted by a media expert, material expert, one economics teacher and colleague. Product trials were conducted to X-grade students high school of involving: six students of class X-3 SMAN 1 Kretek for the small group trial, and 30 students of class X-1 SMAN 1 Kretek for field trials. The teaching implementation a were collected through observation by two observers, and through a questionnaire, and a test (post-test). The results of the study show that, (1) integrating worksheet characters using the discovery approach is in the form of print media; (2) the feasibility worksheet in terms of the overall aspects of assessment by experts, generally in a very high category; (3) feasibility of the worksheet is high with a score of 84.50%; (4) effectiviness of worksheet in terms of: a) the learning achievement is good and in high a category, b) the students’ character after the use of the worksheet especially the character of responsibility is in a high category, character of honesty is in a very high category, and the character of discipline is in a high category; and (5) the student’s response  to the worksheet is in a very high category.

Keywords: worksheet, discovery approach, learning achievement, character educatio


Keywords


LKPD, pendekatan discovery, hasil belajar, pendidikan karakter

Full Text:

Fulltext PDF

References


Prastowo, A. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif Rancangan penelitian. Yogyakarta: Andi Publisher.

Carin, A .A. (1993). Teaching science through discovery. New York: Macmillan Publishing Company.

Depdiknas. (2007). Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran dan Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan (Panduan Pengembangan Bahan Ajar). Jakarta: Depdiknas.

Effendy. (2011). Aplikasi pembelajaran IPA dalam pembentukan karakter siswa. Makalah Keynote Speaker pada Seminar Nasional Pendidikan Sains di Unesa. 15 Januari 2011. Surabaya.

Hanafiah, N. & Suhana. C. (2012). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Refika-Aditama

Khaeruddin, (2011). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab dan Kemampuan Akademik Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Tesis Magister. Universitas Negeri Surabaya

Koesoema, D.A. (2007). Pendidikan karakter: strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: Grasindo.

Kovar, S. K., Combs, C. A., Campbell, K., Napper-Owen, G., & Worrell, V. J. (2012). Elementary classroom teachers as movement education eduction. New York: Mc Graw-Hill.

Lickona, Thomas. (1991). Education of character how our schoos can teach respect and responsibility. New York: Bantam books.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomer 41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (2007).

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional. (2003).

Setyawan, W., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan SSP tematik-integratif untuk membangun karakter disiplin dan kreatif siswa kelas I SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 108-119.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974) Instructional development for training teachers of exceptional children: a sourcebook. Minnesota: Indiana University Bloomington.




DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.11405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:



Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916


View Harmoni Sosial Stats