PENGARUH PERAN GANDA WANITA DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN FORMAL
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v3i2.3420Abstract
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk menghasilkan manusia yang berkualitas. Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan, salah satunya dengan melakukan penelitian-penelitian untuk kemajuan pendidikan. Penelitian ini tentang pendidikan formal anak di desa Sidorejo, kecamatan Jatisrono, Wonogiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh peran ganda wanita dan kesejahteraan keluarga terhadap pendidikan formal anak.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling bertujuan "Purposive Sampling". Teknik ini digunakan kerena anggota sampel dipilih secara khusus berdasarkan tujuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk wanita desa Sidorejo, kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri yang mempunyai peran ganda, yaitu sebagai ibu rumah tangga dan pekerja. Dari jumlah populasi sasaran di wilayah desa Sidorejo terdapat 420 orang wanita yang memiliki peran ganda, maka jumlah sampel setelah dihitung adalah 78 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh melalui teknik angket dan sumber data sekunder melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Pengukuran validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas.
Penelitian ini menggunakan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh peran ganda wanita dan kesejahteraan keluarga terhadap pendidikan formal anak. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% atau α = 0,05 dan derajat kebebasan 75, diperoleh hasil t hitung 4,212 sedangkan t tabel 1,665425. sehingga dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung = 4,212 > 1,665425 dengan tingkat signifikansi 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05. ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa peran ganda wanita mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap pendidikan formal anak dan diperoleh hasil t hitung 3,624 sedangkan t tabel 1,665425. sehingga dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung = 3,624 > 1,665425 dengan tingkat signifikansi 0,001jauh lebih kecil dari 0,05. ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa kesejahteraan keluarga mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap pendidikan formal anak
Kata kunci: Pendidikan Formal anak, Peran ganda wanita, Kesejahteraan Keluarga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).