Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL; (2) perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi; (3) perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah; dan (4) interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian (Anava) dua jalur dengan taraf signifikansi (α) 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL; (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi; (3) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah; dan (4) terdapat interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.
Keywords
model pembelajaran portofolio; problem based learning; motivasi belajar; hasil belajar IPS