PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2442Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar dan (2), meningkatkan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT berbantuan media pada kelas IX F SMP Negeri 7 Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan desain Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT berbantuan media. Pada kondisi awal rata-rata aktivitas belajar siswa 41,07% dari 32 siswa, akhir siklus I meningkat menjadi 68,30%; dan akhir siklus II menjadi 85,15%, (2) ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari kondisi awal hanya 43,75% siswa tuntas belajar, menjadi 71,88% di akhir siklus I dan akhir siklus II menjadi 87,50%.Kata Kunci: pembelajaran kontekstual, strategi REACT, media, aktivitas belajar, hasil belajar IPS.
Downloads
Published
2014-09-01
How to Cite
Kindarto, S., & Gafur, A. (2014). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2442
Issue
Section
Articles
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
![]() | Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS by http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |