EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN PBL DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Rini Setyowati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Endang Mulyani universitas negeri yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i1.7194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pendekatan scientific dengan model problem based learning dan model problem solving dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan kompetensi: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII di SMP N 3 Kalasan, Yogyakarta. Sampel diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi sikap, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, tes, unjuk kerja, dan rubrik penilaian produk. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan teknik anava mixed design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendekatan scientific dengan model problem based learning lebih efektif daripada model problem solving dalam meningkatkan kompetensi sikap dalam pembelajaran IPS, 2) pendekatan scientific dengan model problem based learning lebih efektif daripada model problem solving dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan dalam pembelajaran IPS, 3) pendekatan scientific dengan model problem based learning lebih efektif daripada model problem solving dalam meningkatkan kompetensi keterampilan.

 

THE EFFECTIVENESS OF SCIENTIFIC APPROACH WITH PBL AND PROBLEM SOLVING TO IMPROVE COMPETENCES IN SOCIAL STUDIES

Abstract

This study aimed to compare the effectiveness of scientific approach with problem based learning and problem solving in teaching social studies to improve: attitude competence, knowledge competene, and skill competence.The population of the research was all of grade VIII student at SMP N 3 Kalasan, Yogyakarta. The sample of this research was using purposive sampling. The data was collected by observation, self assessment, peer assessment, test, observation of perfomance and product assessment. The data were analyzed using anava mixed design.This research have three results. First, scientific approach with problem based learning model was more effective than scientific approach with problem solving to improve attitude competence. Second, scientific approach with problem based learning model was more effective than scientific approach with problem solving to improve knowledge competence. Third, scientific approach with problem based learning model was more effective than scientific approach with problem solving to improve skill competence.

Author Biographies

Rini Setyowati, Universitas Negeri Yogyakarta

Rini Setyowati lahir di Surakarta, 31 Januari 1989. Jenjang S-1 diselesaikan di Universitas Sebelas Maret Surakarta Program Studi Pendidikan geografi lulus tahun 2013. Pada tahun yang sama (2011) melanjutkan studi S-2 di Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan berhasil menyelesaikannya tahun 2015.

Endang Mulyani, universitas negeri yogyakarta

Endang Mulyani lahir pada tanggal 31 Maret 1960. Pendidikan jenjang S-1 dengan program studi Ekonomi Umum di tempuh di Unsoed Purwokerto, S-2 dengan program studi Antar Bidang Kependudukan di UGM, dan S-3 pada program studi Penelitian dan Evaluasi di UNY.

Downloads

Published

2016-12-06

How to Cite

Setyowati, R., & Mulyani, E. (2016). EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN PBL DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i1.7194

Issue

Section

Articles