Upaya peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Jerman melalui permainan Mystery Bag
DOI:
https://doi.org/10.21831/jclf.v2i2.2101Keywords:
Mystery Bag, Teknik Pembelajaran, KosakataAbstract
Indonesian: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan: (1) Penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik SMAN 1 Ngaglik melalui teknik permainan Mystery Bag dan (2) Keaktifan peserta didik SMAN 1 Ngaglik melalui teknik permainan Mystery Bag. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Strategi penelitian ini dilakukan secara kolaboratif anatara peneliti dan guru. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) Keberhasilan proses dan (2) Keberhasilan produk. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Ngaglik yang terdiri dari 33 peserta didik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi kelas, wawancara, angket, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes penguasaan kosakata. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik permainan Mystery Bag dapat meningkatkan: (1) Penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik SMAN 1 Ngaglik. Peningkatan nilai rata-rata tersebut sebesar 28,45%, yaitu dari 57,67 (sebelum diberi tindakan) menjadi 86,12 (setelah diberi tindakan) dan (2) Keaktifan peserta didik kelas XI C1 SMAN 1 Ngaglik pada pembelajaran bahasa Jerman. Peningkatan sebesar 22,22% yaitu dari 42,17% (sebelum diberi tindakan) menjadi 64,39% (setelah diberi tindakan).
English: The reasearch aims to improve: (1) the German language vocabulary mastery of students of SMAN 1 Ngaglik through Mystery Bag game technique and (2) activeness of students of SMAN 1 Ngaglik through Mystery Bag game technique. This research is a Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation and reflection. This research strategy was conducted collaboratively between researcher and teacher. The indicators of success in this research are (1) the succes of the process and (2) the succes of the product. The subjects in this research were students of class XI SMAN 1 Ngaglik consisting of 33 students. The data in this study were obtained through classroom observation, interviews, questionnaires, field notes, documentation, and vocabulary mastery tests. The data were then analyzed descriptively qualitatively. The results of this research indicate that the Mystery Bag game technique can improve: (1) the German language vocabulary mastery of students of SMAN 1 Ngaglik. The increase in the average score was 28.45%, namely from 57.67 (before given the action) to 86.12 (after given the action) and (2) The activeness of students of class XI C1 SMAN 1 Ngaglik in learning German. The increase was 22.22%, from 42.17% (before the action) to 64.39% (after the action).
Downloads
References
Handini, R. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Jepang Melalui Media Padlet. KIRYOKU, 4(2), 99-105.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Hasrar., Dalle, Ambo., Misnawaty, Usman. 2018. Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa. 2(2).
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Madya, Suwarsih. 2011. Penelitian Tindakan: Action Research Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta, cv.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.
Mantasiah, R. 2016. Kohesi Dalam Wacana Buku Kontakte Deutsch: Suatu Kajian Analisis Wacana (Cohesion in Discourses of Kontakte Deutsch Book: a Study of Discourse Analysis). SAWERIGADING,15(3), 336-348.
Marina, M., Rasyimah, R., Sari, D. K., & Kurniawati, K. (2023). Pengayaan Kosa Kata Bahasa Inggris Untuk Pelajar Usia Muda Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR). Share: Journal of Service Learning, 9(1), 7-13.
Megawati, Fika. 2016. Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektf. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2).
Mulyani, A., & Sahayu, W. (2018). The Efforts To Improve The Mastary Of The German Vocabulary Among The Eleven Graders Of Sman 3 Banjar West Java Through Mystery Bag Technique. Bahasa Jerman-Theodisca Lingua, 7(5), 434-442.
Nurani, A. S. (2017). Pengaruh Media Mystery Bag terhadap Penguasaan Kosakata dan Penyusunan Kalimat Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI SMAN 1 Cerme Gresik TP 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 3(03).
Purnama, I., Asri, W. K., Azizah, L. (2022). Media Pembelajaran Mystery Bag Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman. Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences, 1(2).
Salwa, R., Usman, M., & Saleh, N. (2021). Media Puzzle Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman. Phonologie: Journal of Language and Literature, 1(2), 108-114.
Sitanggang, S. M., Fatimah, S., & Saud, S. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menggunakan Possesivepronomen Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(1), 28-34.
Sitompul, A. R. (2020). EFL young learners’ vocabulary learning strategies: An overview. RETAIN, 8(2), 31–40.
Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H (2011). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.