Kondisi sosial dalam Roman Der Vorleser karya Bernhard Schlink: Analisis sosiologi sastra
DOI:
https://doi.org/10.21831/jclf.v1i1.92Keywords:
Kondisi Sosial, Sosiologi Sastra, Roman, Bernard SchlinkAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi sosial masyarakat Jerman yang tercermin dalam roman Der Vorleser karya Bernhard Schlink. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis dengan analisis sosiologi sastra. Sumber data penelitian ini adalah roman Der Vorleser karya Bernhard Schlink. Data diperoleh dengan teknik baca dan teknik catat. Validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas semantik. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas intrarater dan interrater.Hasil penelitian ini menunjukkan tiga kondisi sosial masyarakat Jerman yang tercermin dalam roman Der Vorleser, yakni perbedaan kelas sosial, kenakalan remaja, dan ketidakadilan. Perbedaan kelas sosial terdiri dari tiga aspek yaitu kekayaan, pendidikan, dan pekerjaan. Dilihat dari aspek pendidikan dan pekerjaan, Michael memiliki latar belakang keluarga yang berpendidikan tinggi. Ayah Michael bekerja sebagai seorang dosen dan filsuf. Sementara itu, Hanna hanya berprofesi sebagai kondektur trem dan tidak memiliki pendidikan tinggi. Kondisi sosial kedua ialah kenakalan remaja yang terbagi dalam kategori biasa, yang menjurus kepada pelanggaran dan kejahatan, dan kenakalan khusus. Bentuk kenakalan remaja dalam roman amatan yaitu membolos, pencurian baju dan berhubungan seksual. Kondisi sosial ketiga yakni ketidakadilan berupa dominasi dan stereotip. Dominasi dilakukan oleh para terdakwa dan pengacara terhadap Hanna. Stereotip terjadi pada ayah Michael yang mendapat pelabelan buruk oleh generasi muda yang menuduh para orang tua ikut terlibat dalam kekejaman NAZI.
Social conditions in Roman Der Vorleser by Bernhard Schlink: Sociology analysis of literature
Abstract: The purpose of this research is to describe the social conditions of German society as reflected in Bernhard Schlink's Roman Der Vorleser. This research used a sociological approach with a sociological analysis of literature. The data source of this research is the Roman Der Vorleser by Bernhard Schlink. Data were obtained by reading and note-taking techniques. The validity of this research is semantic validity. The reliability used interrater and interrater reliability. The results of this research are that there are three social conditions of German society that are reflected in the Roman Der Vorleser, namely differences in social class, juvenile delinquency, and injustice. Differences in social class consist of three aspects, namely wealth, education, and work. In terms of education and work, Michael has a highly educated family background. Michael's father worked as a lecturer and philosopher. Meanwhile, Hanna only works as a tram conductor and has no higher education. The second social condition is juvenile delinquency which is divided into ordinary categories, which lead to violations and crimes, and special delinquency. The forms of juvenile delinquency are truancy, theft of clothes, and having sex. The third social condition is injustice in the form of domination and stereotype. The Domination was carried out by other defendants and lawyers against Hanna. The stereotype concerns Michael's father, who was labeled badly by the younger generation, who accused the parents of being involved in NAZI atrocities.
Downloads
References
Kopper, C. (2008). Die Reise als Ware. Die Bedeutung der Pauschalreise für den westdeutschen Massentourismus nach 1945. Zeithistorische Forschungen–Studies in Contemporary History, 4(1-2), 61-83.
Lindner, W., & Lindner, W. (1996). Halbstarkenkrawalle und Jugendkultur in den 50er Jahren. Jugendprotest seit den fünfziger Jahren: Dissens und kultureller Eigensinn, 25-85.
Moser, E. (2012). Frauenbilder in der TV-Werbung: Spiegel oder Motor der gesellschaftlichen Entwicklungen in Deutschland? (Doctoral dissertation, Hochschule Mittweida).
Schlink, B. (2012). Der Vorleser. Diogenes Verlag AG.
Setiadi, E. M., & Kolip, U. (2013). Pengantar sosiologi politik. Kencana.
Schnitt, A. G. (2021). Nicki Stoff. https://www.ateliergs.de/mode- abc/nicki-stoff/. Diakses pada 11 Juli 2021.
Sunarwiyati, S. (2003). Pengukuran Sikap Masyarakat terhadap Kenakalan Remaja. Jakarta: Laporan penelitian, Universitas Indonesia
Zimmerman, M. (2001). Einfuhrung in die literarischen Gattungen. Berlin: Harald Preuβ Transparent Verlag.