Pengaruh minat belajar dan penguasaan gramatik terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu

Authors

  • Riska Dewinta Universitas Negeri Yogyakarta
  • Wening Sahayu Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jclf.v1i1.93

Keywords:

Minat Belajar, Gramatik, Keterampilan Membaca, Bahasa Jerman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar bahasa terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman, (2) pengaruh  penguasaan gramatik terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman (3) pengaruh minat belajar bahasa Jerman dan penguasaan gramatik secara bersama-sama terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini adalah penelitian jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu. Dengan teknik simple random sampling, sample penelitian ini adalah 40 peserta didik. Penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas yaitu minat belajar bahasa Jerman (X1) dan penguasaan gramatik (X2), serta satu variabel terikat yaitu keterampilan membaca bahasa Jerman (Y). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket dan tes. Validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment. Uji validitas setiap instrumen terdiri dari validitas isi, validitas konstruk, dan butir soal. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) minat belajar Bahasa Jerman berpengaruh pada keterampilan membaca Bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu. (2) Penguasaan gramatik juga berpengaruh pada keterampilan membaca Bahasa Jerman, peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu. (3) minat belajar Bahasa Jerman dan penguasaan Gramatik secara bersama sama memiliki pengaruh terhadapa keterampilan membaca Bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu.

 

The effect of language learning interest and grammatical mastery toward German reading skills of class XI students in SMA Negeri 1 Sedayu.

 

Abstract: This research aims to determine (1) the effect of language learning interest on German reading skill, (2) the effect of grammatical mastery on German reading skill Sedayu, (3) the effect of both German learning interest and grammatical mastery simultaneously toward German reading skill of class XI students in SMA Negeri 1 Sedayu. This research is ex post facto research. The population in this study is class XI students of SMA Negeri 1 Sedayu. Using a simple random sampling technique, the samples in this research were 40 students. The study consisted of two variables, i.e., German learning interest (XI) and grammatical mastery (X2), and one dependent variable, i.e., German reading skill (Y). The data in this research were obtained using a questionnaire and test. The instrument validation used the formulation of product-moment correlation. The validity test of every instrument consisted of content validity, construct validity, and question item. The reliability test used the formulation of Alpha Cronbach. The results of this study indicate (1) learning interest in the German language affected the reading skill in the German language of class XI students in SMA Negeri 1 Sedayu, (2) grammatical mastery also affected the reading skill of the German language of class XI students in SMA Negeri 1 Sedayu, (3) both German learning interest and grammatical mastery affect simultaneously toward German reading skill of class XI students in SMA Negeri 1 Sedayu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldino, Y. P. (2021). Pengaruh minat dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan membaca Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X SMA N 3 Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian “suatu pendekatan praktik”. Rineka Cipta.

Fajaruddin, S., Retnawati, H. ., Prihono, E. W. ., Yusron, E., & Prihatni, Y. (2021). Mungkinkah gender mempengaruhi hasil belajar barbahasa anak?. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 127–134. https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.12273

Febiandini, R. (2013). Hubungan Antara Penguasaan Tata Bahasa dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kusnawati, E. (2014). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN 2. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9).

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT Rineka Cipta.

Sudarsana, U. (2014). Pembinaan Minat Baca. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendektan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumaryaman, dkk. (2016). Bahasa Indonesia. Yogyakarta: UNYPRESS.

Downloads

Published

2024-01-22

Issue

Section

Articles