Keefektifan media aplikasi Edmodo dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Jerman

Authors

  • Arif Setya Widodo Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Retna Endah Sri Mulyati Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jclf.v1i2.96

Keywords:

Media, Aplikasi Edmodo, Penguasaan Kosakata, Bahasa Jerman

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) perbedaan penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Bantul antara yang diajar dengan menggunakan media aplikasi Edmodo dan yang diajar dengan menggunakan media aplikasi Google Classroom, (2) keefektifan  penggunaan media aplikasi Edmodo dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bantul. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Bantul yang berjumlah 90 peserta didik. Berdasarkan teknik random sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas X MIPA 3 yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas kontrol, sehingga jumlah keseluruhan sampel sebanyak 50 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan tes penguasaan kosakata. Uji validitas instrumen dihitung dengan rumus Product Moment Pearson. Hasilnya menyatakan bahwa dari 40 soal terdapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20, dengan nilai koefisien sebesar 0,731. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,188 lebih besar dari ttabel sebesar 4,04 dengan taraf signifikansi 0,05 dan df=48. Hal ini menunjukkan nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel yang berarti ada perbedaan prestasi belajar penguasaan kosakata bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata akhir peserta didik kelas eksperimen sebesar 65,13 lebih besar daripada nilai peserta didik kelas kontrol yaitu 60,00. Hal ini berarti bahwa penggunaan media aplikasi Edmodo dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Jerman lebih efektif daripada media aplikasi Google Classroom. Bobot keefektifan sebesar 19,98%. Implikasi dari penelitian ini adalah media aplikasi Edmodo dapat digunakan dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Jerman.

 

The effectiveness of the use of Edmodo in the learning of German vocabulary of SMA Negeri 3 Bantul

 

Abstract: The purposes of this research are to find out (1) a significant difference between German vocabulary learning of grade X students of SMA Negeri 3 Bantul, who are taught using Edmodo and that of those who are taught with Google Classroom, and (2) the effectiveness of Edmodo on German vocabulary learning of grade X students of SMA Negeri 3 Bantul. This research is a quasi-experiment designed as the pre-post-test control group. The study population is the entire learners in class X SMA Negeri 3 Bantul, 90 students in total. Using simple random sampling, 25 X MIPA 3 learners are taken as an experimental class, and 25 X MIPA 1 as the control class. Research data is obtained from German vocabulary tests on the participants in a pre-test and a post-test. Data is analyzed by t-test. The research results show that count 4,188 is more significant than table 4,04 with a significance level (a) 0,05 and df=48. This demonstrates a significant difference in achievement in German vocabulary learning of grade X students of SMA Negeri 3 Bantul, who are taught using Edmodo, and those taught with Google Classroom. The average value of the post-test experiment class is 65,13, which is more significant than the control class of 60,00, weighing the effectiveness of 19,98%. Thus, the German vocabulary of learners in class X SMA Negeri 3 Bantul is more effective than using Google Classroom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Basinun, 2017. Membangun E-Learning PAI Berbasis Jejaring Sosial Edmodo. Jurnal IAIN Bengkulu. Vol. 15. No. 2, Halaman 302 – 319.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum Naskah Mata Pelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Riyana, Cepi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI.

Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Susanti, Ratna. 2002. Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 1. No. 1, Halaman 87 – 93.

Usman BV. 2016. E-Learning Berbasis Edmodo dalam Pengajaran Bahasa Inggris pada Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda. Jurnal Ekonomi, Sosial, dan Bisnis. Vol. 12 No. 2, Halaman 3214 – 3345.

Downloads

Published

2024-10-22

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.