Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22673Keywords:
Motivasi, Hasil belajar, Model STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achivement Divisions (STAD). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrument, observasi, angket dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif untuk motivasi belajar serta angket dan kuantitatif untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar. Dilihat dari kondisi awal siswa yang mencapai kriteria sangat aktif hanya 17,6%, kemudian bertambah menjadi 20,6% pada siklus 1, kemudian pada siklus kedua bertambah menjadi 58,8% dan di akhir siklus menjadi 91,2%. Sedangkan dalam hasil belajar, pada tes awal belum ada atau (0%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu telah meraih nilai 75 ke atas, setelah tindakan siklus pertama ada peningkatan 47,1% siswa.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian tindakan, untuk guru, kepala sekolah & pengawas, Yogyakarta: Aditya Media.
Arends, R.L., & Kilcher, A. (2010).Teaching for student learning (Becoming an accomplished teacher). New York: Routledge Ratlor.
Azwar, Saifudin. (2010).Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: UNY Press.
Elliot, S.N., Kratochwill, T.R & Cook, J.L. (2000).Educational Ssychology: Effective teaching, Effective learning (3th ed). New York: McGraw Hill.
Hakim, Thursan. (2005). Belajar secara efektif. Jakarta. Puspa Swara.
Kemmis, S. & Mc Taggart, R.,. (1988). The action research planer. 3rd ed. Victoria.Deakin University.
Lutfi, M. & Hamidi, J. (2010) Civic education: antara realitas politik dan implementasi hukumnya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Marsh,C. (2010). Becoming a teacher. Australia: an imprint of pearson educational.https://books.google.co.id/books
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slavin R.E (1995).Cooperative learning: theory, research, and practice (2nded). Boston. MA:Simon&Schuster.
Sudikin, dkk.(2010). Manajemen penelitia tindakan kelas, Insan Cendekia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.