Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn

Authors

  • Sri Purwanti SMP Negeri 7 Yogyakarta
  • Abdul Gafur Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22673

Keywords:

Motivasi, Hasil belajar, Model STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achivement Divisions (STAD). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrument, observasi, angket dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif untuk motivasi belajar serta angket dan kuantitatif untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar. Dilihat dari kondisi awal siswa yang mencapai kriteria sangat aktif hanya 17,6%, kemudian bertambah menjadi 20,6% pada siklus 1, kemudian pada siklus kedua bertambah menjadi 58,8% dan di akhir siklus menjadi 91,2%. Sedangkan dalam hasil belajar,  pada tes awal belum ada atau (0%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan  Minimal (KKM) yaitu telah meraih nilai 75 ke atas, setelah tindakan  siklus pertama ada peningkatan 47,1% siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian tindakan, untuk guru, kepala sekolah & pengawas, Yogyakarta: Aditya Media.

Arends, R.L., & Kilcher, A. (2010).Teaching for student learning (Becoming an accomplished teacher). New York: Routledge Ratlor.

Azwar, Saifudin. (2010).Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: UNY Press.

Elliot, S.N., Kratochwill, T.R & Cook, J.L. (2000).Educational Ssychology: Effective teaching, Effective learning (3th ed). New York: McGraw Hill.

Hakim, Thursan. (2005). Belajar secara efektif. Jakarta. Puspa Swara.

Kemmis, S. & Mc Taggart, R.,. (1988). The action research planer. 3rd ed. Victoria.Deakin University.

Lutfi, M. & Hamidi, J. (2010) Civic education: antara realitas politik dan implementasi hukumnya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Marsh,C. (2010). Becoming a teacher. Australia: an imprint of pearson educational.https://books.google.co.id/books

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin R.E (1995).Cooperative learning: theory, research, and practice (2nded). Boston. MA:Simon&Schuster.

Sudikin, dkk.(2010). Manajemen penelitia tindakan kelas, Insan Cendekia.

Published

2018-12-31

How to Cite

Purwanti, S., & Gafur, A. (2018). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 140–148. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22673