Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complex Instruction Terhadap Hasil Belajar IPS

Authors

  • YULITA DEWI PURMINTASARI
  • AYU LESTARI

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9900

Abstract

Masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimanakah hasil belajar IPS siswa Kelas VIII SMPN1 Selakau Kabupaten Sambas sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction, (2) Bagaimanakah hasil belajar sesudah menggunakan model tersebut, (3) Adakah pengaruh model tersebut terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi berjumlah 161 siswa kelas VIII SMPN1 Selakau. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster sampling yaitu kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan teknik pengukuran. Pengolahan data menggunakan Uji t. Hasil penelitian: (1) rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen 46,718 dan kelas kontrol 43,437, keduanya tergolong gagal, (2) rata-rata hasil post-test kelas eksperimen 76,406 dan kelas kontrol 72,031, keduanya tergolong baik, (3) hasil uji t diperoleh thitung>ttabel yakni 2,637>2,389 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikan α=1%, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Complex Instruction, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Author Biography

YULITA DEWI PURMINTASARI

IKIP PGRI Pontianak

Downloads

Published

2016-07-01

How to Cite

DEWI PURMINTASARI, Y., & LESTARI, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complex Instruction Terhadap Hasil Belajar IPS. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1). https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9900