Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/diklus.v3i1.24644Keywords:
Pendidikan kepemudaan, Gerakan Kolaborasi, KomunitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kolaborasi tiga jenis pendidikan (formal, informal, dan nonformal) pada program pendidikan kepemudaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data diperoleh dari proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: Pertama, pendekatan kolaborasi antara komunitas pemuda desa, orang tua, sekolah formal, dan masyarakat untuk mendukung serta berpartisipasi dalam membentuk lingkungan belajar yang dapat mendidik para pemuda di Dusun Munengan Desa Sidoluhur. Kedua, kolaborasi tiga jenis pendidikan dapat mewujudkan situasi informal learning di Dusun Munengan Desa Sidoluhur melalui organisasi kepemudaan yaitu karang taruna dan remaja islam masjid. Ketiga, kegiatan kepemudaan yang ada di Dusun Munengan Desa Sidoluhur memiliki manfaat yang baik bagi pemuda untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan berorganisasi dan berpartisipasi aktif di masyarakat yang sifatnya nonformal dan informal, serta memberikan wadah bagi pemuda untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif.
References
Creswell, J.W. (2015). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches, (ed5 ed). SAGE Publicaton, Inc. Thousand Oaks.
Halimah, I. (2016). Keterlibatan Keluarga dalam Kegiatan d Sekolah dalam Perspektif Kemitraan. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 14(2), 290-297. Retrieved from ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/3878.
Kartono, K. (2014). Psikologi Sosial 2 Kenakalan Remaja (ed13 ed). Jakarta: PT Rajawali Pers.
Kornblum, W. & Julian, J. (2012). Social Problems (ed14 ed). United States of America: SAGE Publication.
Saldana, J. (2014). The Coding Manual for Qualitative Researchers Johnny Saldana(3rd ed.). London: SAGE Publication. Retrieved from
Santrock, J. W. (2002). Life-span Development Perkembangan Masa Hidup (ed5 ed). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. United States of America: Jossey-Bass.
Undang-Undang Repulbik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf.
Watkins, K.E. & Marsick, V.J. (1993). Sculpting the Learning Organization. San Fransisco: Jossey-Bass.
Mezirow, J. (1991). Transformative Dimensions of Adult Learning. San Fransisco: Jossey-Bass.
Vygotsky, L.S. (1978). Mind in Society: The Development Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
![]() | Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |