PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN MULTIPLE LITERACY BAGI PENGELOLA TAMAN BACAAN MASYARAKAT TERAS BACA GUYUB RUKUN

Authors

  • Entoh Tohani

DOI:

https://doi.org/10.21831/diklus.v2i1.23563

Abstract

Penelitian tindakan peningkatan kapasitas pengelolaan program pendidikan literasi ganda bagi pengelolaan TBM Teras Baca Guyub Rukun yang telah dilakukan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pengelola TBM mengenai pengelolaan program pendidikan multiple literacy dan implementasinya dalam pengelolaan TBM guna memberdayakan masyaakat. Pelatihan ini dilakukan terhadap para pengelola TBM mitra tersebut dengan menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa dan berbasis pengalaman melalui metode ceramah, diskusi, dan permainan yang difasilitasi oleh tim peneliti. Pelatihan yang dilakukan dapat berjalan sesuai harapan dan dapat memberikan hasil belajar yang positif bagi warga belajar. Oleh karenanya, pelatihan yang relevan perlu dilaksanakan kembali di masa depan dengan ketersediaan fasilitas yang memadai.

 

Kata kunci: multiple literacy, TBM, pelatihan, pendidikan

Downloads

Published

2019-02-18

How to Cite

[1]
Tohani, E. 2019. PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN MULTIPLE LITERACY BAGI PENGELOLA TAMAN BACAAN MASYARAKAT TERAS BACA GUYUB RUKUN. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 2, 1 (Feb. 2019), 1–11. DOI:https://doi.org/10.21831/diklus.v2i1.23563.

Issue

Section

Articles