Konstribusi Pendidikan Nonformal dalam Pengembangan Pasar Ekologis Argowijil

Devi Nur Mahfiroh, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Entoh Tohani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kontribusi pendidikan nonformal dalam proses pengembangan Pasar Ekologis Argowijil dan 2) hasil kontribusi pendidikan nonformal dalam pengembangan Pasar Ekologis Argowijil. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tokoh masyarakat Desa Gari, pengurus BUMDes Mardi Gemi Desa Gari, pengelola pasar, pedagang pasar dan masyarakat sekitar Pasar Ekologis Argowijil. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kontribusi pendidikan nonformal dalam pengembangan Pasar Ekologis Argowijil meliputi adanya kegiatan pelatihan pengelolaan sampah, pelatihan komunikasi pemasaran terpadu, pelatihan pengemasan produk olahan makanan, kegiatan pendampingan, dan kegiatan rembug bersama, dan 2) hasil kontribusi pendidikan nonformal dalam pengembangan pasar meliputi adanya perubahan dalam aspek pengetahuan, aspek ketrampilan, aspek sikap dan aspek ekonomi, adanya pengembangan dalam pengelolaan pasar, serta adanya kesadaran masyarakat sekitar dalam menjaga lingkungan.

Contribution of Nonformal Education in The Development of The Argowijil Ecological Market                 

Abstract

This study aims to describe: 1) the contribution of non-formal education in the process of developing the Argowijil Ecological Market and 2) the contribution of non-formal education in the development of the Argowijil Ecological Market. The research method used in this research is descriptive research method with a qualitative approach. The subjects of this study were community leaders in Gari Village, BUMDes Mardi Gemi management in Gari Village, market managers, market traders and the community around the Argowijil Ecological Market. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The validity of the data was tested by triangulation of sources and techniques. The data analysis technique used is data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results show that: 1) the contribution of non-formal education in the development of the Argowijil Ecological Market includes training on waste management, integrated marketing communication training, training on packaging of processed food products, mentoring activities, and joint discussion activities, and 2) the results of the contribution of non-formal education Market development includes changes in knowledge aspects, skills aspects, attitudes and economic aspects, developments in market management, and awareness of the surrounding community in protecting the environment.


Keywords


kontribusi; pendidikan nonformal; pengembangan pasar, contribution; nonformal education; market development

Full Text:

PDF

References


Affandi, M. (2018). PENDAMPINGAN KETERAMPILAN PEREMPUAN PADA PELATIHAN PEMBUATAN HANTARAN PENGANTIN DI PKBM LUTHFILLAH KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 3(2), 114–121. https://doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4890

Alhamidi, & Henemia, V. (2018). Peran BUMDes dalam Mengoptimalkan Pemanfaatan Dana Desa. Bappenas Working Pappers, 1(2), 171–184.

Apriyani, M., Saty, F. M., Desfaryani, R., Fitriyani, Trisnanto, T. B., Sutarni, Berliana, D., & Fitri, A. (2021). Pelatihan Pengemasan Produk Olahan Pangan pada SMKN 1 Negeri Besar Way Kanan. Jurnal Pengabdian Nasional, 2(2).

Ashlihah, Saputri, M. M., & Fauzan, A. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Organik menjadi Pupuk Kompos. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 30–33.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunungkidul. (2020). Indeks Keparahan Kemiskinan (P2) 2018-2020. https://gunungkidulkab.bps.go.id/indicat or/23/81/1/indeks-keparahan- kemiskinan-p2-.html.

Basrudin, R. dan Y. G. (2015). Penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sumber daya alam di kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol.1 No.1.

Bestraningsih, A., Yulyana, E., & Aryani, L. (2022). Implementasi Program Rembug Stunting Di Desa Lemah Mulya Kabupaten Karawang1. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(4), 1063–1074.

Boediono. (2019). Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi, Kajian Konseptual dan Empirik. Kamboja Kelopak Enam.

Chasanah, N., & Supriani, A. (2016). Penerapan Metode Praktik Untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Promosi Kesehatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 2(1), 1–5.

Cundari, L., Arita, S., Komariah, L. N., Agustina, T. E., & Bahrin, D. (2019). Pelatihan dan pendampingan pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos di desa burai. Jurnal Teknik Kimia, 25(1). https://doi.org/10.36706/jtk.v25i1.14

Efendi, Y. K. (2017). Pelaksanaan Program Pendidikan Pelatihan Di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Dan Kependudukan Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Khazanah Pendidikan, 10(2).

Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2). https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155

Febriansyah, G. B., Adi, M. A., & Moonti, M. V. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Pendidikan Nonformal di Desa Mattanete Bua Kecamatan Palakka Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pallangga Praja (JPP), 3(2), 43–49.

Hapsari, D. R. I. (2019). HUKUM DALAM MENDORONG DINAMIKA PEMBANGUNAN PEREKONOMIAN NASIONAL DITINJAU DARI PRINSIP EKONOMI KERAKYATAN. Legality : Jurnal Ilmiah Hukum, 26(2). https://doi.org/10.22219/jihl.v26i2.7798

Haris, I. (2016). Manajemen Fasilitas Pembelajaran. UNG Press.

Hasan, M., & Aziz, M. (2018). Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat : Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Lokal. CV. Nur Lina.

Hatu, R. A. (2010). Pemberdayaan dan Pendampingan Sosial dalam Masyarakat (Suatu Kajian Teortis). Inovasi, 7(4).

Huda, A. M. (2018). MODEL GUYUP REMBUG DALAM PENYELESAIAN KONFLIK : PADA KONFLIK ANTARA FORPAK DENGAN KARANG TARUNA DI DESA SIDODADI. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 4(2). https://doi.org/10.35457/translitera.v4i2.349

Irwan, I., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Perilaku dan Pengembangan Organisasi Pendidikan (Cross Cultural and Global Approaches to Change Management). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1276

Itang. (2015). Faktor Faktor Penyebab Kemiskinan. TAZKIYA Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan, Dan Kebudayaan, 16(1).

Ittihad. (2020). PERANAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) PADA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PEDESAAN MELALUI PROGRAM PASAR DESA KALIJAGA. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2).

Ivan, M. (2021). Peluang dan Tantangan Program Studi Pendidikan Nonformal dalam Pembangunan Masyarakat Pasca Implementasi UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah di Era Ekonomi Digital. Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 1(2). https://doi.org/10.55480/saluscultura.v1i2.25

Izzaturrahmah, L., Ramadhani, M., Mukharromah, N. L., & Hidayati, B. (2021). Optimalisasi Ekonomi Kreatif dalam Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan Pada Revolusi Industri 4.0: E-Commerce Model Approach. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1(2).

Jabar, C. S. A., P, L. D., Yuliana, L., Sutapa, M., Niron, M. D., Bustari, M., Wahyuningrum, M. M., P, N. A., Isbianti, P., Utari, R., Raharja, S., Lestari, S., Sudiyono, Suyud, Rahmawati, T., Wibowo, U. B., & Wijayanti, W. (2016). Manajemen Pendidikan. UNY Press.

Kurniawan, D. A., & Santoso, A. Z. (2021). Pengelolaan Sampah di daerah Sepatan Kabupaten Tangerang. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.34306/adimas.v1i1.247

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods. Jurnal Komunikasi, 8(1).

Madjid, A. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan. Samudra Biru.

Malau, N. A. (2016). Ekonomi Kerakyatan Sebagai Paradigma Dan Strategi Baru Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia. Jurnal Ilmiah “RESEARCH SAINIS,” 2(1).

Mardhia, D., & Wartiningsih, A. (2018). PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH SKALA RUMAH TANGGA DI DESA PENYARING. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v1i1.492

Mubtasim, F. A. (2017). Penerapan Pendekatan Andragogi Melalui Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Life Skill Menjahit Program Paket C. Unsri.

Mulyadi. (2010). Evaluasi Pendidikan: Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agamadi Sekolah. UIN Maliki Press.

Mulyawati, I., & Pradita, S. M. (2018). Pelatihan Sablon bagi Karang Taruna dalam Menciptakan Peluang Bisnis. Jurnal SOLMA, 7(2). https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1726

Noor, Z. Z. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif-Petunjuk Praktis Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. In Deepublish.

Nuryaman, Y. (2010). HUBUNGAN PENDAMPINGAN TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) GEMA INSAN PEDULI UMAT (GIPU). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2).

Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, Dan Toko Modern, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul (2012).

Pratiwi, Y. E., & Sunarso, S. (2018). PERANAN MUSYAWARAH MUFAKAT (BUBALAH) DALAM MEMBENTUK IKLIM AKADEMIK POSITIF DI PRODI PPKN FKIP UNILA. Sosiohumaniora, 20(3). https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.16254

Purwasasmita, M. (2017). STRATEGI PENDAMPINGAN DAUM PENINGKATAN KEMANDIRIAN BEUJAR MASYARAKAT. Jurnal Administrasi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.17509/jap.v12i2.6379

Putri, I. N., & Syuraini, S. (2021). Hubungan Antara Penggunaan Metode Tanya Jawab dengan Partisipasi Peserta Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK). Jurnal Pendidikan Tambusi, 5(1).

Rahmat, A. (2018). Manajemen Pemberdayaan Pada Pendidikan Nonformal. Ideas Publishing.

Rini, A. S., & Sugiharti, L. (2017). FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEMISKINAN DI INDONESIA: ANALISIS RUMAH TANGGA. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 1(2). https://doi.org/10.20473/jiet.v1i2.3252

Sadiah, A., & Gumilar, G. (2017). Implementasi Metode Diskusi dan Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Ketrampilan Menjelaskan (Explaning Skill) Mahasiswa Sebagai Calon Guru Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Siliwangi, 3(1), 220–225.

Saleh, S., Nasution, T., & Harahap, P. (2020). Pendidikan Luar Sekolah. K-Media.

Sudjana, D. (2001). Pendidikan Luar Sekolah: Wawasan Sejarah Perkembangan Falsafah Teori Pendukung Asas. Falah Production.

Sudjana, D. (2014). Evaluasi program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujarwo, Widyaningsih, M., & Tristanti. (2014). Pengelolaan Sampah Organik Dan Anorganik.

Sulaiman, A. I., Lubis, D. P., Susanto, D., & Purnaningsih, N. (2015). Komunikasi Stakeholder dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 31(2). https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i2.1467

Suranto. (2019). Perencana dan Evaluasi Program Komunikasi. Pena Pressindo.

Suripan, S., Sucipto, S., Nurhadi, N., & Sopingi, S. (2017). Pendampingan Penyusunan Program Pengembangan Desa Laboratorium. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Suteja, R. S. A., Isnaini, S., Dayanti, L. D., Suryandaru, Y. S., Surya, Y. W. I., Saptyasari, A., Rahayu, T. P., Septiani, D., Illahiati, N. K., Aji, A. P., & Wibawa, I. S. (2020). PELATIHAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PETANI MENTE DESA SOKET LAOK, KABUPATEN BANGKALAN, MADURA. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2). https://doi.org/10.20473/jlm.v4i2.2020.312-317

Sutriana, S., & Kurniah, N. (2018). IMPLEMENTATION OF IN DEMONSTRATION METHODS TRADITIONAL GAME TO IMPROVE RUDE SOCIAL AND MOTOR SKILLS (Study of Semarak Sanggar ECD …. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi ….

Syandrawati, K. N. I. (2018). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pendampingan Pengolahan Jamur Tiram dalam Pemenuhan kebutuhan Keluarga di UKM Kampung Jamur Desa Wadungasih Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 5(2).

Tohani, E. (2015). DAMPAK PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT (PKuM) DALAM KONTEKS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1). https://doi.org/10.21009/jiv.1001.6

Tohani, E. (2018). Hubungan Dialektis Pendidikan & Pembangunan. UNY Press.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. (2014).

Wiguna, G., Munawar, W., & Untung, S. H. (2014). METODE PRAKTIK PADA PEMBELAJARAN VOKASIONAL OTOMOTIF BAGI PESERTA DIDIK DIFABEL. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2). https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3812

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I).

Yuliati, & Hadiyati, R. (2018). dan Rini, H. (2018). Pelatihan Pengemasan Produk. Jurnal Pengabdian Masyarakat, . Monsu’ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 11–14.

Yulinda, A., & Fitriyah, N. (2018). Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah Dan Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Sadari Di Smkn 5 Surabaya. Jurnal Promkes, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v7i2.77040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats