MODEL PENGEMBANGAN PROFESIONALISME PENILIK PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Authors

  • Nur Djazifah ER, Hiryanto

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4738

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profesionalisme dan kinerja serta model yang perlu dikembangkan untuk peningkatan kualitas penilik sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh penilik PLS di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 15 orang. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, profesionalisme Penilik PLS di Kabupaten Gunungkidul belum sesuai dengan standar yang dipersyaratkan bagi jabatan Penilik PLS. Kegiatan penilikan program PLS terhadap input, proses, output masih kurang memenuhi persyaratan mutu dan belum sesuai dengan prosedur pelaksanaan penilikan. Kedua, kebutuhan peningkatan profesionalisme Penilik PLS berdasarkan kemampuan dasar yang harus dimiliki yaitu pelatihan berbasis kompetensi dengan materi atau prioritas kebutuhan belajar.

 

Kata kunci: profesionalisme, penilik sekolah, kinerja

Author Biography

Nur Djazifah ER, Hiryanto

Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

How to Cite

Hiryanto, N. D. E. (2015). MODEL PENGEMBANGAN PROFESIONALISME PENILIK PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4738

Issue

Section

Articles