Manajemen team teaching mata pelajaran kejuruan di SMKN 1 Gombong dan SMKN 1 Puring

Authors

  • Esti Retnoningsih
  • Zainal Arifin

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) informasi empirik pelaksanaan Team Teaching, dan implementasi manajemen Team Teaching, (2) proses evaluasi pelaksanaan Team Teaching yang ada di SMKN 1 Gombong dan SMKN 1 Puring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program keahlian Teknik Kendaraan di SMK N 1 Gombong melaksanakan pembelajaran team teaching; sedangkan di SMKN 1 Puring penerapan pembelajaran team teaching belum sepenuhnya melaksanakan prinsip pembelajaran bertim, (2) implementasi manajemen team teaching di SMK N 1 Gombong sudah berjalan cukup baik; sementara itu implementasi manajemen team teaching di SMKN 1 Puring masih memerlukan beberapa perbaikan pada masing-masing unsur manajemen, (3) team teaching di SMKN 1 Gombong secara umum telah berjalan baik dengan terpenuhinya prinsip pembelajaran bertim dan prinsip manajemen; team teaching di SMKN 1 Puring secara umum membutuhkan perbaikan sehingga dapat memenuhi prinsip pembelajaran bertim dan manajemen yang baik.
Kata kunci: team teaching, manajemen, program keahlian Teknik Kendaraan Ringan

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Retnoningsih, E., & Arifin, Z. (2017). Manajemen team teaching mata pelajaran kejuruan di SMKN 1 Gombong dan SMKN 1 Puring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 132–140. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12913

Issue

Section

Articles