MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MAHASISWA PGSD STKIP St. PAULUS RUTENG MELALUI PENDEKATAN TAKTIK

Authors

  • Gervasius Adam STKIP St. Paulus Ruteng Nusa Tenggara Timur
  • Pamuji Sukoco Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6228

Keywords:

hasil belajar, sepak bola, pendekatan taktik bermain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar mahasiswa tingkat I PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng melalui pendekatan taktik bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas dua siklus, menggunakan desain Kemmis & MC. Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan taktik bermain yang di padukan dengan permainan lempar tangkap bola dapat meningkatkan hasil belajar dan minat sepak bola mahasiswa kelas IF PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng. Berdasarkan data hasil tes pada siklus I rata-rata nilai mahasiswa secara klaksikal megalami peningkatan yaitu terlihat dari pratindakan 30 orang (50,84%) naik menjadi 39 orang (67%) pada siklus I dan pada siklus II menjadi 45 orang (76%) yang tuntas/lulus dengan mencapai kriteria ketuntasan minimum yaitu 60.

Kata kunci: hasil belajar, sepak bola, pendekatan taktik bermain

 

AN EFFORT TO INCREASE THE STUDENTS' QUALITY AT PGSD OF STKIP ST. PAUL RUTENG IN PLAYING FOOTBALL THROUGH THE TACTICAL APROACH

Abstract

This research aims to seek the increasing result of the students' learning process in the first grade at PGSD (Elementary School Teacher Education) of STKIP St. Paul Ruteng through the tactical games approach. This research is a kind of Classroom Action Research which consists of two cycles by using Kemmis & MC. Taggart's design. The research result shows that the tactical games approach which is combined with throwing-catching of ball play can increase the learning result and the interest in playing football for the 1F-class students at PGSD of STKIP St. Paul Ruteng.  Based on the test result at first cycle, the average score of the students, is increasing classically which is shown by pre-action, namely 30 students (50.84%) becoming 39 students (67%) at first cycle, and then at second cycle it has been 45 students (76%) who have graduated/passed by reaching the minimum score criteria namely 60.

Keywords: leaning result, football, the tactical  games approach

Author Biographies

Gervasius Adam, STKIP St. Paulus Ruteng Nusa Tenggara Timur

Gervasius Adam lahir di Neros, 16 Desembar 1983. Pendidikan S-1 diselsaikan pada tahun 2009 pada Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi UKAW Kupang. Pendidikan S-2 di Prodi Ilmu Keolahragaan PPS UNY pada tahun 2012 dan selesai pada tahun 2014. Sejak tahun 2009 sampai sekarang bekerja sebagai Dosen tetap di PGSD STKIP St. Paulus Ruteng, Flores NTT

Pamuji Sukoco, Universitas Negeri Yogyakarta

Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta dalam bidang keahlian keolahragaan. Memperoleh gelar Sarjana Bidang Pendidikan Olahraga dari IKIP Yogyakarta pada tahun 1986, dan gelar Magister Pendidikan Olahraga dari IKIP Jakarta pada tahun 1995. Gelar Doktor diselesaikan pada tahun 2003 dalam Bidang Pendidikan Olahraga dari Universitas Negeri Jakarta

References

Harsuki. (2003). Perkembangan olahraga ter-kini (kajian para pakar). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Husdarta. (2009). Manajemen pendidikan jas-mani. Bandung: Penerbit Alvabeta.

Husdarta. (2010). Sejarah dan filsafat olah-raga. Bandung: Penerbit Alvabeta.

Pardjono. (2007). Panduaan penelitian tindak-an kelas. Yogyakarta: Lembaga Peneli-tian Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahyubi. (2012). Teori-teori belajar dan apli-kasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rosdiani. (2012). Dinamika olahraga dan pengembangan nilai. Bandung: Alvabeta

Downloads

Published

2015-10-28

How to Cite

Adam, G., & Sukoco, P. (2015). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MAHASISWA PGSD STKIP St. PAULUS RUTENG MELALUI PENDEKATAN TAKTIK. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 150–163. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6228

Issue

Section

Articles