PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROYEK UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH KEJURUAN

Silvia Oksa, Yogyakarta State University, Indonesia
Sunaryo Soenarto, Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis proyek yang layak dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Proses pengembangan meliputi produksi e-modul, validasi ahli materi dan ahli media, uji coba produk, dan revisi produk. Desain uji coba produk terdiri dari uji coba tahap awal kepada 7 siswa, uji coba lapangan skala kecil kepada 15 siswa, dan uji coba lapangan skala besar dengan melakukan praeksperimental kepada 32 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala analisis kebutuhan, skala kelayakan e-modul oleh para ahli, skala motivasi belajar, dan skala respons pengguna. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis proyek yang dihasilkan pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis sangat layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis.

PROJECT-BASED E-MODULE DEVELOPMENT TO IMPROVE STUDENT LEARNING MOTIVATION OF VOCATIONAL SCHOOL

This study was aimed at developing a project-based e-module that is feasible and effective to improve student motivation in the Basic Graphic Design subject. This was a research and development research study using ADDIE (Analiyze, Design, Develop, Implement, Evaluation) model. The development process included the production of the e-modules, the validation by material and media experts, product trials, and product revisions. The product trial design consisted of an initial pilot test of 7 students, a small-scale field trial of 15 students, and a large-scale field trial by pre-experimental 32 students. The data collection instruments were the scale of needs analysis, eligibility of the e-modules by experts, learning motivation, and user responses. The data analysis technique was descriptive technique. The results show that the project-based e-module produced is feasible and effective to be used to increase the motivation of vocational student learning in the Basic Graphic Design subjects.


Keywords


e-modul, berbasis proyek, dasar desain grafis, motivasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi: Sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam konteks keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama.

Anuradha, K. T., & Usha, H. S. (2006). Use of e-book in an academic and research environment: A case study from the Indian institute of science. Journal of Electronic Library and Information Systems, 40(1), 48-62.

Atef, H., & Medhat, M. (2015). Blended learning possibilities in enhancing education, training and development in developing countries: A case study in graphic design courses. Journal of Technology Education Management Informatics, 4(4), 358-365

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 330/D.D5/KEP/KR/2017. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

DeWitt, D., Siraj, S., & Alias, N. (2014). Collaborative mLearning: A module for learning secondary school science. Journal of Educational Technology and Society, 17(1), 89-101.

Educause. (2006). 7 things you should know about e-books. Educause Learning Initiative. Diunduh dari https://library.educause.edu/-/media/files/library/2006/11/eli7020-pdf.pdf.

Enright, S. (2014). Ebooks: the learning and teaching perspective. Dalam H. Woodward (Ed.) Ebooks in education: Realising the vision (pp. 21-33). London: Ubiquity Press.

Hardiyantari, O. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan teknik dinamis pada mata pelajaran produktif teknik komputer dan jaringan untuk siswa SMK kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 77-83.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada Mata Pelajaran Kimia kelas X SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.

Kemendikbud. (2017). Kompetensi inti dan kompetensi dasar SMK/MAK kompe-tensi keahlian multimedia. Jakarta: Direktorat PSMK Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah.

Maswan, & Muslimin, K. (2017). Teknologi pendidikan: Penerapan pembelajaran yang sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miarso, Y. (2009). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Presiden Republik Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah RI Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah. Jakarta.

Silberman, M. L. (2016). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif. (Terj.: Raisul Muttaqien). Bandung: Nuansa Cendekia. (Edisi asli diterbitkan tahun 1996 oleh Allyn and Bacon, Boston).

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Jurnal Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101-116.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif: Konsep dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Suyantiningsih, Munawaroh, I., & Rahmadona, S. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis scientific approach terintegrasi nilai karakter. Jurnal Kependidikan, 46(1), 1-13.

Suyoso, & Nurohman, S. (2014). Pengembangan modul elektronik berbasis web sebagai media pembelajaran fisika. Jurnal Kependidikan, 44(1), 73-82.

Uno, H. B. (2017). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran: Landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Warsono, & Hariyanto. (2017). Pembelajaran aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widoyoko, E. P. (2017). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

Flag Counter