KEEFEKTIFAN MODEL TGT DAN JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PEMBELAJARANEKONOMI SMA NEGERI DI SLEMAN

Authors

  • Agus Hariyanto SMA Kolese De Britto Yogyakar
  • Darmiyati Zuchdi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7906

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji: (1) keefektifan model Teams Games Tournament (TGT)  dan model  Jigsaw dengan pendekatan saintifik, (2)  membandingkan keefektifan model TGT  dan Jigsaw dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest postest non equivalent group design.  Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Model TGT dan Jigsaw dengan pendekatan saintifik efektif  meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. 2) Ada perbedaan keefektifan signifikan antara model TGT dan Jigsaw. Model Jigsaw mempunyai jumlah indeks gain score ranah kognitif, afektif, dan psikomotoriklebih tinggi dibandingkan TGT. Model TGT mempunyai gain score lebih tinggi dibandingkan dengan Jigsaw untuk hasil belajar ranah kognitif. Model Jigsaw mempunyai gain score lebih tinggi dibandingkan dengan TGT untuk hasil belajar ranah afektif. Model TGT dan Jigsaw menunjukkan gain score yang sama  untuk hasil belajar ranah psikomotorik.


THE EFECTIVENESS OF THE TGT AND JIGSAW MODELS USING THE
SCIENTIFIK APPROACHIN ECONOMICS LEARNINGAT STATE SHSs IN SLEMAN 

Abstract

This study aims to test: (1) the effectiveness of the Teams Games Tournament (TGT)  and Jigsaw modelsusing  the scientific approach. (2) tocompare the effectiveness of the TGT and Jigsaw models using the scientific approach in economics learning at state SHSs in Sleman Regency. This was a quasi-experimental study pretest postest non equivalent group design employing the pretest-posttest design. The research population comprised Grade X students of state SHSs in Sleman Regency. The results of the study are as follows. 1) The TGT and the Jigsaw modelswhich are implemented using the scientific approach effectivelyimproves the learning outcome in the cognitive, affective, and psychomotoric domains. 2) There isa significant difference in terms of effectiveness between the two models. Jigsaw model is generates a higher gain score than TGT that was indicated by results of the sum of index gain score cognitive,  affective, and psychomotoric aspects learning outcomes. The TGT learning model generates a higher gain score than the Jigsaw for the cognitive domain. The Jigsaw model, however, produces a higher gain score than the TGT  for the affective domain. Compared to the Jigsaw model, the TGT learning model shows an equal gain score for the psychomotoric domain.

Author Biographies

Agus Hariyanto, SMA Kolese De Britto Yogyakar

FX. Agus Hariyanto, lahir pada 16Agustus 1969. Pada tahun 1994 menyelesaikan jenjang sarjana (S-1) di jurusan pendidikan akuntansi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan  Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.Tahun 2004 menyelesaikan jenjang sarjana (S-1) di jurusan manajemen perusahaan Fakultas Ekonomi Universitas Tamansiswa Yogyakarta. Sambil bekerja sebagai guru di SMA Kolese De Britto Yogyakarta, tahun 2013 melanjutkan jenjang magister prodi Ilmu Pengetahuan Sosial Konsentrasi pendidikan ekonomi di Universitas Negeri Yogyakarta.

Darmiyati Zuchdi, Universitas Negeri Yogyakarta

Prof. Darmiyati Zuchdi, Ed.D. guru besar kelahiran Bojonegoro pada tanggal 17 Oktober 1943. Saat ini menjadi saff pengajar di Fakultas Bahasa dan Seni serta Program Pascasarjan UNY. Pada tahun 1970 menyelesaikan jenjang sarjana (S-1) Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Yogyakarta. Jenjang S-2 dengan gelar Master of Science Education dengan konsentrasi Affective Education di SUNY at Albany, USA. Jenjang              S-3 denga gelarDoctor of Education diperoleh tahun 1988 di SUNY at Bufalo, USA. Sebagai penulis dan editor, buku-buku yang telah diterbitkan seperti Humanisasi Pendidikan, Pendidikan Karakter: Grand Design dan Nilai-Nilai Targert, Pendidikan Karakter: Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi, Terampil Membaca dan Berkarakter Mulia, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik dan sejumlah makalah dopresentasikan dalam seminar diberbagai perguruan tinggi di Indonesia. Ia pernah sebagai pemateri pada seminar Internasional Tollerance and Human Right, Asia Pacific Network for Moral Education  Conference (Jepang, Taiwan, Indonesia, Shanghai), International Seminar on Multiculturalism and (Language and Art) Education, International Conference on Character  Education, dan International Conference Educational Research and Innovation.

Downloads

Published

2016-12-06

How to Cite

Hariyanto, A., & Zuchdi, D. (2016). KEEFEKTIFAN MODEL TGT DAN JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PEMBELAJARANEKONOMI SMA NEGERI DI SLEMAN. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 125–137. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7906

Issue

Section

Articles