Pengaruh kultur sekolah, konsep diri, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa

Fawziah Zahrawati, Sayowang, Kelurahan Pa'bundukang, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kabupaten Takalar., Indonesia
Nahiyah Jaidi Faraz, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kultur sekolah, konsep diri, dan status sosial ekonomi orang tua secara parsial dan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang berjumlah 2.706 siswa. Sampel penelitian sebesar 366 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) kultur sekolah berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 23,3%, (2) konsep diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 22,1%, (3) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 12,5%, dan (4) kultur sekolah, konsep diri, dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 36,2%.

Kata kunci: kultur sekolah, konsep diri, status sosial ekonomi orang tua, perilaku konsumtif

 

THE EFFECT OF SCHOOL CULTURE, SELF-CONCEPT, AND SOCIO-ECONOMIC STATUS OF PARENTS ON CONSUMPTIVE BEHAVIOR STUDENTS

Abstract

This study aims to investigate the effect of school culture, self-concept, and socio-economic status of parents partially and simultaneously on consumptive behavior of state senior high school students in the city of Yogyakarta. This was an ex post facto study. The research population was all eleventh grade students in state senior high school in the city of Yogyakarta with total of 2,706 students. The research sample was 366 students. The data were collected through a questionnaire. The data were analyzed by means of the descriptive analysis, simple regression analysis, and multiple regression analysis. The results of the study are: (1) school culture has an effect on consumptive behavior of state senior high school students in the city of Yogyakarta with a contribution of 23.3%, (2) self-concept has an effect on consumptive behavior of state senior high school students in the city of Yogyakarta with a contribution of 22.1%, (3) socio-economic status of parents has an effect on consumptive behavior of state senior high school students in the city of Yogyakarta with a contribution of 12.5%, and (4) school culture, self-concept, and socio-economic status have effects on consumptive behavior of state senior high school students in the city of Yogyakarta with a contribution of 36.2%.

Keywords: school culture, self-concept, socio-economic status of parents, consumptive behavior


Keywords


kultur sekolah; konsep diri; status sosial ekonomi orang tua; perilaku konsumtif

Full Text:

Fulltext PDF

References


Deal, T.C. & Peterson, K.D. (2009). Shaping school culture; pitfalls, paradoxes, & promises. (2nd Ed.). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Durmaz, Y. (2014). The influence of cultural factors on consumer buying behaviour and an application in Turkey. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing, 14 (1), 37-44.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. (5th Ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafie, Z. (2014). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif remaja terhadap produk distro ada siswa kelas X SMA N 4 Yogyakarta. Skripsi S1, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Haryanto, S. (2011). Sosiologi ekonomi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayatun, U. (2015). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi S1, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Lee, M.J. (2006). Budaya konsumen terlahir kembali; arah baru modernitas dalam kajian modal konsumsi dan kebudayaan. (Terjemahan Nurhadi). London: Routledge. (Buku asli diterbitkan tahun 1993).

Khare, A. & Handa, M. (2009). Role of individual self-concept and brand personality congruence in determining brand choice. Innovative Marketing, 5(4).

Kotler, P. & Armstrong, G. (2009). Prinsip-prinsip pemasaran (12th Ed.). (Terjemahan Bob Sabran). New York: Pearson Education, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 1997).

Mangkunegara, A. A. A. P. (2012). Perilaku konsumen. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mocanu, R. (2013). Brand image as a function of self-image and self-brand connection. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 1(3).

Muijs, D. (2004). Doing quantitative research in education with SPSS. California: SAGE Publications Ltd.

Pangastuti, B.K.D.G. (2014). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Skripsi S1, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Piliang, Y. A. (2003). Hipersemiotika; tafsir cultural studies atas matinya makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Piliang, Y. A. (2011). Dunia yang dilipat; tamasya melampaui batas-batas kebudayaan (3rd Ed.). Bandung: Matahari.

Ritzer, G. & Smart, B. (2011). Handbook teori sosial. (Terjemahan oleh Muttaqien, Widowatie, & Waluyati). London: SAGE Publications. (Buku asli diterbitkan tahun 2001).

Sipunga, P.N. & Muhammad, A.H. (2014). Kecenderungan perilaku konsumtif remaja ditinjau dari pendapatan orang tua pada siswa-siswi SMA Kesatrian 2 Semarang. Journal of Social and Industrial Psychology, 3(1).

Sukari, Larasati.T.A., Mudjijono, & Susilantini. E. (2013). Perilaku konsumtif siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta.

Widyaningsih, T. S. (2007). Hubungan kultur sekolah dengan kinerja sekolah di SMP Negeri Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 10(2).

Yunita, R. (2014). Hubungan antara self esteem dengan perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Yogayakarta. Skripsi S1, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Zamroni. (2007). Pendidikan dan demokrasi dalam transisi (prakondisi menuju era globalisasi). Jakarta: PSAP Muhammadiyah.




DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.9480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo


Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Harmoni Sosial Stats