Pengaruh Media Lingkungan dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPS SMP

Authors

  • Dadek Lukh Sayekti dan Muhsinatun Siasah *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v12i1.5312

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media lingkungan sekitar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS SMP di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Analisis data menggunakan ANOVA dua jalur pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media lingkungan sekitar dan powerpoint; (2) terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media lingkungan sekitar dan powerpoint pada peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media lingkungan sekitar dan powerpoint pada peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah; (4) terdapat interaksi pengaruh penggunaan media pembelajaran dan tingkat kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS. Penggunaan media lingkungan sekitar lebih sesuai untuk pembelajaran peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi, sedangkan media presentasi powerpoint lebih sesuai untuk pembelajaran peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah.

Kata Kunci : media pembelajaran, Kecerdasan Emosional, dan hasil belajar

Downloads

Published

2015-09-02

How to Cite

*, D. L. S. dan M. S. (2015). Pengaruh Media Lingkungan dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPS SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1). https://doi.org/10.21831/socia.v12i1.5312