Pengaruh Media Lingkungan dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPS SMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v12i1.5312Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media lingkungan sekitar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS SMP di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Analisis data menggunakan ANOVA dua jalur pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media lingkungan sekitar dan powerpoint; (2) terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media lingkungan sekitar dan powerpoint pada peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media lingkungan sekitar dan powerpoint pada peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah; (4) terdapat interaksi pengaruh penggunaan media pembelajaran dan tingkat kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS. Penggunaan media lingkungan sekitar lebih sesuai untuk pembelajaran peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi, sedangkan media presentasi powerpoint lebih sesuai untuk pembelajaran peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah.
Kata Kunci : media pembelajaran, Kecerdasan Emosional, dan hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.