Pengaruh Socio-scientific Issues terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bumi Berubah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.89167

Keywords:

Keterampilan berpikir kritis, Materi bumi berubah, Socio-scientific issues

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Socio-scientific Issues (SSI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada materi Bumi Berubah. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain quasi experimental nonequivalent control group design dengan populasi berjumlah 90 siswa. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling, terdiri dari kelompok kontrol dan eksperimen yang berjumlah 60 siswa. Instrumen penelitian berupa 20 soal pilihan ganda, dengan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis independent sample t-Test. Hasil menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,017. Hasil ini lebih kecil dari batas taraf signifikansi sebesar 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikansi SSI terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan pada kelompok eksperimen memiliki n-Gain per indikator pada kategori sedang, membuktikan bahwa SSI efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Author Biographies

Anisa Ayu Oktaviyanti, Universitas Mulawarman

Merupakan mahasiswa dari Universitas Mulawarman. Penulis memiliki ketertarikan penelitian pada bidang sains pendidikan dan pembelajaran. Penulis dapat dihubungi Kontak penulis: anisaayuo2002@gmail.com

Erna Suhartini, Universitas Mulawarman

Merupakan dosen dari Universitas Mulawarman. Penulis memiliki ketertarikan penelitian pada bidang pendidikan sains, teknologi, dan juga lingkungan. Penulis dapat dihubungi Kontak penulis: erna.suhartini@fkip.unmul.ac.id

Rosita Putri Rahmi Haerani, Universitas Mulawarman

Merupakan dosen dari Universitas Mulawarman. Penulis memiliki ketertarikan penelitian pada bidang pendidikan sains, teknologi, dan juga lingkungan. Penulis dapat dihubungi Kontak penulis: rosita.putri.rahmhi@fkip.unmul.ac.id

Hety Diana Septika, Universitas Mulawarman

Merupakan dosen dari Universitas Mulawarman. Penulis memiliki ketertarikan penelitian pada bidang pendidikan kebahasaan. Penulis dapat dihubungi Kontak penulis: hety.diana@fkip.unmul.ac.id

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Alif, M., Akbar, A., Suhartini, E., Putri, R., & Haerani, R. (2025). Media game edukatif “ otania ” berbasis stratch guna mendukung sustainable development goals life on land development of the scratch-based educational game ’ “ otania ” ’ to support the sustainable development goal : life on land. 13, 13–25.

Annisak, F., Sakinah Zainuri, H., & Fadilla, S. (2024). Peran uji hipotesis penelitian perbandigan menggunakan statistika non parametrik dalam penelitian. Al Itihadu Junral Pendidikan, 3(1), 105–115. https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu

Arfianti, A., Suhartini, E., Putri, R., Haerani, R., & Septika, H. D. (2025). E-modul berbasis socio-scientific issues “ aquawise ” dalam mendukung sdgs clean water and sanitation socio-scientific issues-based e-module " aquawise " in supporting the sdgs clean water and sanitation. 13, 46–60.

Ban, S., & Mahmud, S. N. D. (2023). Research and trends in socio-scientific issues education: a content analysis of journal publications from 2004 to 2022. Sustainability (switzerland), 15(15). https://doi.org/10.3390/su151511841

Dusturi, N., Nurohman, S., & Wilujeng, I. (2024). Socio-scientific issues (ssi) approach implementation in science learning to improve students’ critical thinking skills: systematic literature review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 149–157. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i3.6012

Fahrizal, R., & Badrun, L. A. (2022). Pengaruh strategi pembelajaran socio scientific issues terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan bertanya, dan hasil belajar kognitif siswa. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(2), 84–104. https://doi.org/10.36312/ejiip.v2i2.80

Fatmawati, N. F., Rohmah, S. F., Yaqin, M. A., & Amaliyah, F. (2024). Efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas iv sd dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 10(2), 119–124. https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5925

Hadi, W. A., & Stefanus Lukas. (2024). Seroja husada. Seroja Husada Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(5), 372–383. https://doi.org/10.572349/verba.v2i1.363

Immanuella, V., Tantu, Y. R. P., & Ani, Y. (2023). Penerapan metode tanya jawab dalam mengakomodasi keaktifan belajar siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 1784–1789. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.4224

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi kepustakaan kemampuan berpikir kritis dengan penerapan model pbl pada pendekatan teori konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.

Nasar, A., Saputra, D. H., Arkaan, M. R., Ferlyando, M. B., Andriansyah, M. T., & Pangestu, P. D. (2024). Uji prasyarat analisis. JEBI: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(6), 786–799.

Nubita, A. R., & Istianah, F. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis socio scientific issues terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sekolah dasar abstrak. Jpgsd, 12(4), 707–716.

Nurhalimah, S., Latip, A., & Purnamasari, S. (2024). Analisis pendekatan socio-scientific issues (ssi) dalampembelajaran ipa terhadap literasi saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1987–2000.

Pratiwi, E., Suryanti, & Sudibyo, E. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis socio scientific issues dengn menggunakan multimedia interaktif untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas v sekolah dasar. Journal Education and Development, 9(1), 273–278.

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas viii smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078

Rohmaya, N. (2022). Peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran ipa berbasis socioscientific issues (ssi). Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553

Rustamana, A., Wahyuningsih, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). Penelitian Metode Kuantitatif. Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(6), 1–10.

Sahertian, D. P., & Hidayati, S. N. (2022). Analisis keterampilan pemecahan masalah siswa berbantuan artikel socio-scientific issue pada materi energi alternatif. pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains , 10(1), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Septika, H. D., & Ilyas, M. (2019). Peningkatan pembelajaran tematik menulis pantun berbantuan pendekatan scientific pada siswa kelas v sdn 002 samarinda tahun ajar 2016/2017. Kompetensi, 12(2), 122–128. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.26

Suhartini, E., & Haerani, R. P. R. (2022). Development of stem based e-modules about socioscientific issues the east kalimantan tropical rainforest. edusains, 5(1), 1–12.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (uji homogenitas dan uji normalitas). inovasi pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Utami, Y. (2023). Uji validitas dan uji reliabilitas instrument penilaian kinerja dosen. jurnal sains dan teknologi, 4(2), 21–24. https://doi.org/10.55338/saintek.v4i2.730

Yampap, U., & Hasyda, S. (2023). Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 437–443. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.853

Downloads

Published

2025-09-12

How to Cite

Oktaviyanti, A. A., Suhartini, E., Haerani, R. P. R., & Septika, H. D. (2025). Pengaruh Socio-scientific Issues terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bumi Berubah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 389–397. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.89167

Citation Check