E-modul Berbasis Socio-scientific Issues “AquaWise” dalam Mendukung SDGs Clean Water and Sanitation
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88329Keywords:
Clean water and sanitation, E-modul, Socio-scientific issuesAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis socio-scientific issues (SSI), menguji kelayakan, serta mengidentifikasi keterbacaan dari respon peserta didik dan pendidik. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket dari expert judgement, respon pendidik serta respon peserta didik. Hasil validasi menunjukkan media sangat layak dengan nilai 89,8% dari material expert, 95% dari media expert, 91% dari praktisi, dan 96,6% dari peserta didik. E-modul yang dikembangkan berkontribusi dalam mendukung SDGs poin 6 yaitu clean water and sanitation, melalui integrasi isu pencemaran air dalam pembelajaran kontekstual berbasis SSI. Pendekatan ini mendorong peserta didik untuk memahami permasalahan lingkungan dari perspektif ilmiah dan sosial secara kritis, sekaligus membentuk karakter peduli lingkungan serta meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya akses air bersih dan sanitasi yang layak sejak usia dini. Peneliti merokomendasikan untuk pertimbangkan keterbatasan fitur pada versi gratis seperti jumlah halaman terbatas, watermark, serta menyematkan media interaktif. Pengguna disarankan memiliki koneksi internet stabil. Peneliti selanjutnya dapat mengintegrasikan clean water and sanitation dengan materi lain.
References
Andani, T. (2022). Analisis validasi media pembelajaran. jurnal kumparan fisika, 4(3), 213–220.
Anggriana, S. et al. (2024). Pelatihan penyusunan e-modul menggunakan canva dan heyzine pada program studi diii pariwisata universitas mataram. Jurnal Abdi Anjani, 2(2), 192–198. https://doi.org/10.29303/anjani.v2i2.1552
Aprilia, N. A. et al. (2024). Pengembangan marbika (media pembelajaran dengan etnomatematika) berbasis google sites pada materi pola gambar dan pola bilangan kelas iv. jurnal cendekia : jurnal pendidikan matematika, 8(2), 1185–1199. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3245
Aziz, S., & Najicha, F. U. (2024). Peran pendidikan pancasila dalam mewujudkan cita-cita sustainable development goals (sdgs) di indonesia. jurnal pendidikan kewarganegaraan, 8(1), 11–21. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.5567
Faema Waruwu. (2024). Peran pendidikan karakter dalam membentuk sikap positif terhadap belajar anak di sekolah. jurnal review pendidikan dan pengajaran, 7(3), 11002–11008. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Fiqri Kukuh Rahma Linda, & Sekolah. (2021). Pendidikan karakter dalam pembelajaran sekolah dasar. angewandte chemie international edition, 6(11), 951–952., 3(3), 2013–2015.
Handayani Parinduri, S. (2023). Manfaat canva untuk melatih kreativitas pembuatan mind map mata kuliah alat-alat ukur dan instrumentasi. jurnal inovasi pendidikan sains dan terapan (intern ), 2(2), 51–61. https://doi.org/10.58466/intern.v2i2.1171
Hariandi, A. et al. (2023). Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. jiip - jurnal ilmiah ilmu pendidikan, 6(12), 10155–10161. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3328
Hasibuan, M. S., & Sapri, S. (2023). Pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran ilmu pengetahuan alam (ipa) di madrasah ibtidaiyah. jurnal educatio: jurnal pendidikan indonesia, 9(2), 700. https://doi.org/10.29210/1202323151
Lestari, B. B., Nugraheni, N., & Husain, F. (2024). Penerapan edukasi sdgs di lingkungan sekolah guna mendukung terwujudnya kesejahteraan pendidikan. jurnal penelitian ilmu-ilmu sosial, 1(10), 67–72. https://doi.org/10.5281/zenodo.11128176
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi kehidupan dan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. jurnal konsepsi, 8(3), 1–4.
Manzil, E. F., Sukamti, S., & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan e-modul interaktif heyzine flipbook berbasis scientific materi siklus air bagi siswa kelas v sekolah dasar. sekolah dasar: kajian teori dan praktik pendidikan, 31(2), 112. https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p112
Muhlis, M. et al. (2021). Analisis nilai karakter pada buku siswa tematik kelas iv tema indahnya keragaman di negeriku subtema indahnya persatuan dan kesatuan negeriku. syntax literate ; jurnal ilmiah indonesia, 6(2), 1370. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.5191
Mustamiroh, M., & Ramadhayanti, F. (2021). Penerapan media pembelajaran berbasis software wondershare filmora pada mata pelajaran ipa di sd. jurnal pendidikan mipa, 11(2), 186–192. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514
Noverisa, E., Setiawati, N., & Prasetio, V. (2022). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android dalam mata kuliah bunpou i. jurnal pendidikan dan bahasa jepang, 13(1), 64–78. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/kagami/article/view/27168/12708
Nugroho, C. I., Septika, H. D., & Muhlis, M. (2024). Pengembangan eduvane (e-modul canva dan heyzine) pada materi fakta dan opini di kelas v sdn 011 samarinda kota tahun pembelajaran 2023/2024. jurnal basataka (jbt), 7(2), 534–548. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.484
Nurhamidah, January Prayogi, & Salastri Rohiat. (2022). Pengembangan e-modul berbasis kemampuan berpikir kreatif menggunakan flip pdf professional pada materi koloid di sman 4 kota bengkulu. Alotrop, 6(2), 142–150. https://doi.org/10.33369/alo.v6i2.25224
Putra, B. K. B., & Pujani, N. M. (2024). Analisis karakteristik e-modul interaktif berbasis web menggunakan aplikasi canva dan implementasinya dalam pembelajaran ipa smp. jurnal pendidikan dan pembelajaran sains indonesia (JPPSI), 7(2), 141–151.
Qamariah, N., & Windiyani, T. (2023). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf professional pada materi pecahan. didaktik : jurnal ilmiah pgsd stkip subang, 9(2), 1274–1283. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.765
Rani, A. R., & Rizal, M. S. (2025). Pelatihan media digital interaktif untuk pembelajaran ips sekolah dasar berbasis lingkungan sosial siswa. 5, 525–532.
S.E. Putri, S.S. Zenien, & Amirullah. (2022). Penguatan sikap peduli lingkungan melalui integrasi nilai nilai islam dalam mata pelajaran ipa materi keseimbangan ekosistem kelas 6 sekolah dasar. jurnal pendidikan dan pembelajaran ipa indonesia, 12(2), 81–87. https://doi.org/10.23887/jppii.v12i2.56560
Sa’adah, S. et al. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp materi pemanasan global dengan sola berbasis pendekatan socioscientific issues (ssi). natural science education research, 4(3), 231–241. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8516
Setiadi, D., & Putra, E. P. (2021). Pengembagan modul pembelajaran ipa berbasis socio scientific issues (ssi) materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas viii smp. indonesian journal of mathematics and natural science education, 2(2), 126–134. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.73
Shahwa, D. N., Mustamiroh, M., & Iksam, I. (2024). Pengembangan bahan ajar e-comic melalui aplikasi canva pada mata pelajaran ipas di sekolah dasar. sittah: journal of primary education, 5(2), 225–242. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i2.3494
Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-modul strategi pembelajaran anak usia dini sebagai sumber belajar digital. jurnal pendidikan anak usia dini undiksha, 9(3), 449. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385
Taufan, A. et al. (2023). Pengembangan e-modul interaktif berbasis aplikasi canva pada materi pengelolaan sumber daya alam indonesia siswa sma. jurnal pendidikan geografi undiksha, 11(2), 133–143. https://doi.org/10.23887/jjpg.v11i2.61947
Yenni Samri Juliati Nasution et al. (2024). Peran islamic social finance di indonesia menuju sustainable development goals (sdgs). jurnal penelitian ekonomi akuntansi (jensi), 8(2), 333–347. https://doi.org/10.33059/jensi.v8i2.10640
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.