Efektivitas LKPD Pemanasan Global Berbasis STEM dalam Pembangunan Berkelanjutan terhadap Sikap Sains Ditinjau dari Perbedaan Gender
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89002Keywords:
Efektifitas LKPD, Pemanasan global, Perbedaan gender, Sikap sains, STEMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada topik pemanasan global dengan menerapkan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap sikap sains siswa kelas V sekolah dasar, dengan memperhatikan faktor gender. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen 2x2 dan melibatkan 47 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui skor pre-test dan post-test, kemudian dianalisis menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEM lebih efektif dibandingkan dengan direct instruction, terdapat perbedaan sikap sains antara siswa laki-laki dan perempuan, serta tidak ditemukan interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan gender, serta efektivitas pembelajaran STEM tergolong sedang hingga besar (effect size 0,63). Implikasi penelitian ini berkontribusi pada pencapaian pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, konsumsi dan produksi berkelanjutan, dan penanganan perubahan iklim sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke 4, 5, 12, dan 13.
References
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi stem untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Amin, M. S. (2018). Perbedaan struktur otak dan perilaku belajar antara pria dan wanita; eksplanasi dalam sudut pandang neuro sains dan filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973
Andarini, S. Y., & Sudarti, S. (2023). Analisis efek global warming terhadap perubahan iklim. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 9(2), 31. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v9i2.15549
Arvianti, L. A., Afifi, E. H. N., & Keliata, K. (2024). Inisiatif guru sekolah dasar menyediakan media dan bahan pratikum sains di tengah keterbatasan fasilitas laboratorium. SEARCH: Science Education Research Journal, 2(2), 102–114. https://doi.org/10.47945/search.v2i2.1469
Aswirna, P., Aldila, E., Nurhasnah, N., & Fahmi, R. (2022). stem-based global warming e-book in sustainable development based on gender view. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 5(2), 169–181. https://doi.org/10.24042/ijsme.v5i2.11247
Dwita, L., & Susanah, S. (2020). Penerapan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (stem) dalam pembelajaran matematika di smk pada jurusan bisnis konstruksi dan properti. MATHEdunesa, 9(2), 276–286. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p276-286
Fatmawati, F., Hidayat, M. Y., Damayanti, E., & Rasyid, M. R. (2020). gaya belajar peserta didik ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 23. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13472
Gumilang, N. S. R., Wahidin, W., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematika peserta didik kelas vii smp. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 89–98. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.27349
Humaida, N., Aula Sa’adah, M., Huriyah, H., & Hasanatun Nida, N. (2020). Pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan (sustainable development goals) dalam perspektif islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(1), 131. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i1.3483
Indryani, I., Rusdi, R., Fitri, H., & Rahmat, T. (2023). Pengembangan lkpd berbasis model pembelajaran Ssfae pada pembelajaran matematka kelas viii smpn 2 ampek angkek tahun pelajaran 2021/2022. Journal on Education, 5(3), 5944–5961.
Judiasih, S. D. (2022). Implementasi kesetaraan gender dalam beberapa aspek kehidupan bermasyarakat di indonesia. Acta Diurnal Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan Dan Ke-PPAT-An, 5(2), 284–302. https://doi.org/10.23920/acta.v5i2.904
Kulsum, U. (2014). Pendidikan gender dalam perspektif islam. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, 1(1).
Lestari, N. A., Jatmiko, B., Hariyono, E., Dwikoranto, D., & Prahani, B. K. (2025). Training on lesson plan of climate change stem project in the physics learning for sustainable development. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 205. https://doi.org/10.20527/btjpm.v7i1.13439
Mei, L., Guo, X., Du, C., & Cui, K. (2023). Analyzing the impact of gender-inclusive stem curricula on enhancing female stem literacy: implications for social justice and economic equilibrium. Research and Advances in Education, 2(11), 15–18. https://doi.org/10.56397/rae.2023.11.02
Nasution, A. M., Ulfa, N., & Harahap, N. (2024). Strategi perencanaan pembangunan berkelanjutan. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 208–216. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Trending/article/view/1943
Ningtyas, P. K., Widarti, H. R., Parlan, P., Rahayu, S., & Dasna, I. W. (2024). Enhancing students’ abilities and skills through science leaning integrated stem: a systematic literature review. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 12(5), 1161–1181. https://doi.org/10.46328/ijemst.4292
Novi Tri Lestari, S. . (2016). Analisis kemampuan kognitif, menalar dan sikap siswa smp pada materi ekosistem dikaitkan dengan gender 1. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek, 1985, 814–824. http://repository.upi.edu/26964/
Nur Abida, D. F. I. (2017). Gender bias in elementary school language textbooks. International Journal of Gender and Women’s Studies, 5(1). https://doi.org/10.15640/ijgws.v5n1a13
Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., Setiani, R., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa sd negeri pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 153–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Pratama, F. I., Rohaeti, E., & Laksono, E. W. (2025). Building sustainable education with the literacy and research-oriented cooperative problem-based learning: A bridge in the activeness of chemistry education students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 61–68. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88392
Rahmaniar, A., & Latief, A. (2021). Analisis literatur teknologi dalam integrasi pendidikan stem pada pembelajaran ipa. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 143–148. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.680
Rihi, F., & Saija, L. M. (2022). Analisis kemampuan pemahaman matematis peserta didik smp pada materi persamaan garis lurus ditinjau berdasarkan gender. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 69–76. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.44944
Rosalita, R. (2020). Identity gender question sebagai upaya awal pengenalan gender pada anak usia dini panti asuhan bunda sumatera selatan. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9363
Siregar, N. C., Warsito, W., Gumilar, A., & ... (2023). Promoting gender equality in stem: strategies for encouraging girls’ participation: promoting gender equality in stem: strategies for encouraging girls’ …. Seminar Nasional …, 6–7. http://prosiding.upgrisba.ac.id/index.php/SNPSiTi/article/view/11%0Ahttp://prosiding.upgrisba.ac.id/index.php/SNPSiTi/article/download/11/5
Wuland Suryaningsih, Sukriadi, S., Andi Asrafiani Arafah, Muhlis, M., Hety Diana Septika, & Rosita Putri Rahmi. (2024). Pengembangan lkpd dengan heyzine berbasis pendekatan stem pada materi jaring-jaring kubus dan balok kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 430–438. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1552
Yusra, R. A., Kusumah, F. H., & Suryadi, A. (2025). Pengaruh PjBL-STEM terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Energi Terbarukan dalam Mendukung Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 26–37. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.86537
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.