Efektivitas LKPD Pemanasan Global Berbasis STEM dalam Pembangunan Berkelanjutan terhadap Sikap Sains Ditinjau dari Perbedaan Gender

Authors

  • Ester Apriliana Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Erna Suhartini Universitas Mulawarman , Indonesia
  • Rosita Putri Rahmi Hearani Universitas Mulawarman , Indonesia
  • Hety Diana Septika Universitas Mulawarman , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89002

Keywords:

Efektifitas LKPD, Pemanasan global, Perbedaan gender, Sikap sains, STEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada topik pemanasan global dengan menerapkan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap sikap sains siswa kelas V sekolah dasar, dengan memperhatikan faktor gender. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen 2x2 dan melibatkan 47 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui skor pre-test dan post-test, kemudian dianalisis menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEM lebih efektif dibandingkan dengan direct instruction, terdapat perbedaan sikap sains antara siswa laki-laki dan perempuan, serta tidak ditemukan interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan gender, serta efektivitas pembelajaran STEM tergolong sedang hingga besar (effect size 0,63). Implikasi penelitian ini berkontribusi pada pencapaian pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, konsumsi dan produksi berkelanjutan, dan penanganan perubahan iklim sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke 4, 5, 12, dan 13.

Author Biographies

Ester Apriliana, Universitas Mulawarman

Merupakan mahasiswa dari Universitas Mulawarman. Penulis memiliki ketertarikan pada bidang teknologi pendidikan dan pembelajaran sains. Penulis dapat dihubungi Kontak penulis : esterapriliana29@gmail.com

Erna Suhartini, Universitas Mulawarman

Merupakan dosen dari Universitas Mulawarman. penulis memiliki ketertarikan penelitian pada bidang pendidikan sains, teknologi, dan juga lingkungan . penulis dapat dihubungi kontak penulis: erna.suhartini@fkip.unmul.ac.id

Rosita Putri Rahmi Hearani, Universitas Mulawarman

Merupakan dosen dari Universitas Mulawarman. penulis memiliki ketertarikan penelitian pada bidang pendidikan sains, teknologi, dan juga lingkungan. penulis dapat dihubungi Kontak penulis: rosita.putri.rahmi@fkip.unmul.ac.id

Hety Diana Septika, Universitas Mulawarman

Merupakan dosen dari Universitas Mulawarman. penulis memiliki ketertarikan penelitian pada bidang bahasa. penulis dapat dihubungi Kontak penulis: hety.diana@fkip.unmul.ac.id

References

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi stem untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Amin, M. S. (2018). Perbedaan struktur otak dan perilaku belajar antara pria dan wanita; eksplanasi dalam sudut pandang neuro sains dan filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973

Andarini, S. Y., & Sudarti, S. (2023). Analisis efek global warming terhadap perubahan iklim. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 9(2), 31. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v9i2.15549

Arvianti, L. A., Afifi, E. H. N., & Keliata, K. (2024). Inisiatif guru sekolah dasar menyediakan media dan bahan pratikum sains di tengah keterbatasan fasilitas laboratorium. SEARCH: Science Education Research Journal, 2(2), 102–114. https://doi.org/10.47945/search.v2i2.1469

Aswirna, P., Aldila, E., Nurhasnah, N., & Fahmi, R. (2022). stem-based global warming e-book in sustainable development based on gender view. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 5(2), 169–181. https://doi.org/10.24042/ijsme.v5i2.11247

Dwita, L., & Susanah, S. (2020). Penerapan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (stem) dalam pembelajaran matematika di smk pada jurusan bisnis konstruksi dan properti. MATHEdunesa, 9(2), 276–286. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p276-286

Fatmawati, F., Hidayat, M. Y., Damayanti, E., & Rasyid, M. R. (2020). gaya belajar peserta didik ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 23. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13472

Gumilang, N. S. R., Wahidin, W., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematika peserta didik kelas vii smp. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 89–98. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.27349

Humaida, N., Aula Sa’adah, M., Huriyah, H., & Hasanatun Nida, N. (2020). Pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan (sustainable development goals) dalam perspektif islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(1), 131. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i1.3483

Indryani, I., Rusdi, R., Fitri, H., & Rahmat, T. (2023). Pengembangan lkpd berbasis model pembelajaran Ssfae pada pembelajaran matematka kelas viii smpn 2 ampek angkek tahun pelajaran 2021/2022. Journal on Education, 5(3), 5944–5961.

Judiasih, S. D. (2022). Implementasi kesetaraan gender dalam beberapa aspek kehidupan bermasyarakat di indonesia. Acta Diurnal Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan Dan Ke-PPAT-An, 5(2), 284–302. https://doi.org/10.23920/acta.v5i2.904

Kulsum, U. (2014). Pendidikan gender dalam perspektif islam. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, 1(1).

Lestari, N. A., Jatmiko, B., Hariyono, E., Dwikoranto, D., & Prahani, B. K. (2025). Training on lesson plan of climate change stem project in the physics learning for sustainable development. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 205. https://doi.org/10.20527/btjpm.v7i1.13439

Mei, L., Guo, X., Du, C., & Cui, K. (2023). Analyzing the impact of gender-inclusive stem curricula on enhancing female stem literacy: implications for social justice and economic equilibrium. Research and Advances in Education, 2(11), 15–18. https://doi.org/10.56397/rae.2023.11.02

Nasution, A. M., Ulfa, N., & Harahap, N. (2024). Strategi perencanaan pembangunan berkelanjutan. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 208–216. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Trending/article/view/1943

Ningtyas, P. K., Widarti, H. R., Parlan, P., Rahayu, S., & Dasna, I. W. (2024). Enhancing students’ abilities and skills through science leaning integrated stem: a systematic literature review. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 12(5), 1161–1181. https://doi.org/10.46328/ijemst.4292

Novi Tri Lestari, S. . (2016). Analisis kemampuan kognitif, menalar dan sikap siswa smp pada materi ekosistem dikaitkan dengan gender 1. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek, 1985, 814–824. http://repository.upi.edu/26964/

Nur Abida, D. F. I. (2017). Gender bias in elementary school language textbooks. International Journal of Gender and Women’s Studies, 5(1). https://doi.org/10.15640/ijgws.v5n1a13

Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., Setiani, R., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa sd negeri pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 153–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Pratama, F. I., Rohaeti, E., & Laksono, E. W. (2025). Building sustainable education with the literacy and research-oriented cooperative problem-based learning: A bridge in the activeness of chemistry education students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 61–68. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88392

Rahmaniar, A., & Latief, A. (2021). Analisis literatur teknologi dalam integrasi pendidikan stem pada pembelajaran ipa. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 143–148. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.680

Rihi, F., & Saija, L. M. (2022). Analisis kemampuan pemahaman matematis peserta didik smp pada materi persamaan garis lurus ditinjau berdasarkan gender. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 69–76. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.44944

Rosalita, R. (2020). Identity gender question sebagai upaya awal pengenalan gender pada anak usia dini panti asuhan bunda sumatera selatan. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9363

Siregar, N. C., Warsito, W., Gumilar, A., & ... (2023). Promoting gender equality in stem: strategies for encouraging girls’ participation: promoting gender equality in stem: strategies for encouraging girls’ …. Seminar Nasional …, 6–7. http://prosiding.upgrisba.ac.id/index.php/SNPSiTi/article/view/11%0Ahttp://prosiding.upgrisba.ac.id/index.php/SNPSiTi/article/download/11/5

Wuland Suryaningsih, Sukriadi, S., Andi Asrafiani Arafah, Muhlis, M., Hety Diana Septika, & Rosita Putri Rahmi. (2024). Pengembangan lkpd dengan heyzine berbasis pendekatan stem pada materi jaring-jaring kubus dan balok kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 430–438. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1552

Yusra, R. A., Kusumah, F. H., & Suryadi, A. (2025). Pengaruh PjBL-STEM terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Energi Terbarukan dalam Mendukung Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 26–37. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.86537

Downloads

Published

2025-08-27

How to Cite

Apriliana, E., Suhartini, E., Hearani, R. P. R., & Septika, H. D. (2025). Efektivitas LKPD Pemanasan Global Berbasis STEM dalam Pembangunan Berkelanjutan terhadap Sikap Sains Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 154–165. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89002

Citation Check