The online evaluation of the teacher certification program using the CIPP Model
Lili Kasmini, Universitas Bina Bangsa Getsempena, Indonesia
Rosdiana Rosdiana, Universitas Bina Bangsa Getsempena, Indonesia
Mayor M. H. Manurung, Universitas Cendrawasih
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Fajri Bahri, S. P., Siregar, S. K., Par, A. M., Nur, R., Al-Adawiyah, R., Putra, E., & Panjaitan, S. (2022). Evaluasi Program Pendidikan. UMSU Press
Daud, A., Novitri, N., & Hardian, M. (2020). Evaluation of The Teacher Professional Education Program (PPG): English Students’perspective. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 12(2), 185-200. doi: https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.286
Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process dan Output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(1), 37-53. doi: https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.39
Dalimunthe, M. B., & Suranto, S. (2022). An Investigation the Competence of Preservice Teachers of Economics in the Industrial Revolution Era: A Literature Review. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5089-5098. doi: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1093
Hasanudin, C., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2021). Evaluasi Perkuliahan Daring Keterampilan Menulis selama Masa Pandemi Covid-19 dengan Model Evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 27-38
Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2019). Penerapan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program layanan PAUD holistik integratif. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10-25. doi: http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2622
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta’dib: Journal of Pesantren Education, Vol. 6(1), Pp 111-125. doi: http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.551
Malawi, I., & Maruti, E. S. (2016). Evaluasi Pendidikan. CV. AE Media Grafika
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14. doi: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
Muyana, S. (2017). Context Input Process Product (CIPP): Model Evaluasi Layanan Informasi. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 342-347)
Nugroho, A. S., Suryanti, S., & Wiryanto, W. (2022). Peningkatan Kualitas Guru, Sebanding dengan Peningkatan Pendidikan?. Jurnal Basicedu, 6(5), 7758-7767. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3354
Purnomo, A. H., Nasution, D. R., Annisa, R. M., Syaroh, M., & Sari, D. M. (2022). Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 2235-2241. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5056
Sari, I. K., Munandar, A., Fachraini, D., Putri, B. Y., & Safriana, C. (2019). Profil kompetensi dan daya saing lulusan STKIP Bina Bangsa Getsempena: studi pelacakan lulusan sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu perguruan tinggi swasta di Aceh. Visipena, 10(2), 372-383. doi: https://doi.org/10.46244/visipena.v10i2.516
Suranto. (2012). Peningkatan Mutu Pendidikan Kejuruan Berorientasi Pasar Kerja Melalui Uji Kompetensi Keahlian. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 12(1). doi: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v12i1.3862
Syukri, I. I. F., Rizal, S. S., & Al Hamdani, M. D. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, [SL], Vol.7(1), 17-34. doi: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.358
Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Al Idrus, S. W., Paraniti, A. A. I., & Nugraha, I. N. B. S. (2022). Literature review: evaluasi keterlaksanaan kurikulum 2013 menggunakan model evaluasi cipp (context, input, process, dan product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220-7232. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3428
Veirissa, A. H. (2021). Kualitas Guru di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 267-272)
Wahyuni, S. (2014). Profesi guru adalah panggilan Ilahi. Jurnal Antusias, 3(5), 147-160
Yauch, C. A., & Steudel, H. J. (2003). Complementary Use of Qualitative and Quantitative Cultural Assessment Methods, Organizational Research Methods. 6(4), 465–481
Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274-285
Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini, I. (2019). Pendidikan profesi guru (PPG) sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru. LINGUA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 19(2), 130-136.
DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v27i2.57914
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Find Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan on:
ISSN 2338-6061 (online) || ISSN 2685-7111 (print)
View Journal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Visitor Statistics