IDENTIFIKASI MATERI SULIT UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS PADA SISWA JURUSAN BAHASA
Downloads
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi; memetakan; dan melihat perbedaan jumlah materi sulit pada ujian nasional Bahasa Inggris SMA tahun 2007-2010 di Kabupaten Minahasa Selatan dan Bolaangmongondow Utara. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Data yang digunakan berupa data sekunder, yakni hasil ujian nasional tahun 2007-2010 yang dimiliki oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Balitbang Depdiknas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, materi sulit ujian nasional Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Minahasa Selatan pada tahun 2007/2008 sebanyak 10 butir (20,00%), 2008/2009 sebanyak empat butir (8,00%), serta 2009/2010 paket A sebanyak 10 butir (20,00%) dan paket B sebanyak sembilan butir (18,00%), sedangkan materi sulit untuk ujian nasional Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Bolaangmongondow Utara tahun 2007/2008 sebanyak
10 butir (20,00%), 2008/2009 sebanyak empat butir (8,00%), serta 2009/2010 paket A sebanyak 10 butir (20,00%) dan paket B sebanyak 10 butir (20,00%). Kedua, secara umum tingkat kesulitan soal ujian nasional Bahasa Inggris selama tiga tahun terakhir relatif merata. Ketiga, tingkat kemampuan siswa peserta ujian nasional dari tahun ke tahun relatif samaThe authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to JK. However, even though the journal asks for a copyright transfer, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
The copyright form should be signed originally and sent to the Editorial Office through email to jk@uny.ac.id
Download HERE
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.