PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KARTOGRAFI PADA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNY

Authors

  • Kimpul Endro Sariyono Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mukminan Mukminan Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7807

Keywords:

kartografi, multimedia

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran kartografi dan (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran dari aspek materi, aspek tampilan dan kelayakan untuk pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Produk awal divalidasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian diujicobakan. Subjek uji coba produk adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNY. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari ahli materi, data ahli media, dan tanggapan mahasiswa terhadap daya tarik media. Instrumen pengumpulan data berupa lembar evaluasi untuk ahli materi dan ahli media, serta lembar angket untuk uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) hasil pengembangan multimedia pembelajaran  melalui tahap  persiapan, desain, produksi, uji coba, dan revisi; 2) kualitas media ditinjau dari aspek materi termasuk kategori sangat baik; (3) kualitas media ditinjau dari aspek tampilan termasuk kategori  baik; (4) tanggapan mahasiswa tentang daya tarik media termasuk kriteria sangat menarik; dan (5) evaluasi hasil belajar menunjukkan lebih dari 75% mahasiswa mampu menguasai kompetensi pembelajaran menggunakan multimedia yang dikembangkan.

Kata kunci: kartografi, multimedia

 

 

DEVELOPING COMPUTER-BASED INSTRUCTION MULTIMEDIA FOR CARTOGRAPHY AT GEOGRAPHY EDUCATION YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY

Abstract

This research aims: (1)to product multimedia for cartography; and (2)to reveal the quality of the developed instructional media viewed from the aspects of content, appearance, and attraction for instruction. This research is research and development. The initial product was validated by an expert in subject matter and an expert in media and then was trying out. The subject of product trials are students from the Department of Geography Education Faculty of Social Sciences Yogyakarta State University. The data were collected using an evaluation sheet for the subject matter expert, the media expert, and questionnaire sheet for the one-to-one try-out, the small group try-out, and the field try-out. The data were analyzed using the statistic descriptive technique. The research results show that: (1)the steps in developing  computer-based multi media was in some stages, namely, need analysis, design, production, try-out, and revision; (2) the quality of the developed instructional media viewed from the content aspects is very good; (3) the quality of the developed instructional media in terms of the appearance aspects is good; (4) the quality of the developed instructional media in regard to the attraction aspects is interesting; and 5) result of study explain more than 75% of students competen to received the targets of study with this multimedia.

Keywords: cartography, multimedia

Author Biographies

Kimpul Endro Sariyono, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

Nama Penulis: Drs. Kimpul Endro Sariyono, Tempat, tanggal Lahir : Temanggung, 24 Nopember 1958 . Pendidikan : Sarjana (S1) Geografi UGM. Pekerjaan : Dosen Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY NIP : 19581124 198601 1 001 Bidang Ilmu : Kartografi

Mukminan Mukminan, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

Nama     Pembimbing: Dr. Mukminan Tempat, Tanggal Lahir : Purworejo, 09 September 1953, Pendidikan  : Sarjana (S1) IKIP Yogyakarta Master dan Doktor (S2-S3) Pascasarjana UNJ Jakarta Pekerjaan : Dosen Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY dan Dosen PPs UNY NIP 19581124 198601 1 001 Bidang Ilmu : Teknologi Pendidikan

References

Arsyad, A. (2005). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). New York: Longman Publishing.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction (6th ed.). Boston: Pearson/Allyn and Bacon.

Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1992). Principle of instructional design (4th ed.). Fort Worth, TX: Harcourt Brace Jovanovich.

Sadiman, A. S., Raharjo, R., & Haryono, A. (2009). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sandy, I. M. (1986). Esensi kartografi. Jakarta: Jurusan Geografi FMIPA UI.

Sukardjo. (2009). Evaluasi pembelajaran/perkuliahan bidang studi. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Whitworth, S. A., & Berson, M. J. (2003). Computer technology in the social studies: An examination of the effectiveness literature (1996-2001). Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 2(4). Retrieved from http://www.citejournal.org/volume-2/issue-4-02/social-studies/computer-technology-in-the-social-studies-an-examination-of-the-effectiveness-literature-1996-2001

Downloads

Published

2016-10-31

How to Cite

Sariyono, K. E., & Mukminan, M. (2016). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KARTOGRAFI PADA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNY. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 207–220. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7807

Issue

Section

Articles