APLIKASI MODEL COMPONENT DISPLAY THEORY (CDT) DALAM PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATAKULIAH JARINGAN KOMPUTER

Authors

  • Rr. Eny Kuswandari PPs UNY
  • Suryanto Suryanto FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7608

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk program pembelajaran multimedia interaktif berbasis CDT yang diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi mata kuliah Jaringan Komputer sesuai skill yang diharapkan; (2) menguji kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek isi/materi, media dan pembelajaran. Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan multimedia ini dilakukan melalui tahapan: analisis, desain, pengembangan, evaluasi dan revisi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi. Data berupa hasil penilaian melalui kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil penelitian adalah: (1) produk program pembelajaran multimedia interaktif mata kuliah Jaringan Komputer berbasis CDT (Component Display Theory) dalam bentuk CD yang memiliki kelayakan kriteria baik dari aspek isi/materi, media, dan pembelajaran. Aplikasi model Component Display Theory (CDT) dalam pengembangan multimedia interaktif yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kelayakan kriteria baik digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Jaringan Komputer.

Downloads

Issue

Section

Articles