PERANAN SIARAN TELEVISI EDUKASI DALAM MENDUKUNG TERCIPTANYA SUMBER DAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA SMP DI YOGYAKARTA

Authors

  • Muhammad Ragil Kurniawan Universitas Ahmad Dahlan
  • Abdul Gafur FIS Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/tp.v1i1.2462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peranan siaran televisi edukasi (TVe) sebagai sumber belajar dan motivasi belajar bagi siswa SMP di Kodya Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode gabungan (mixed method) yaitu penelitian kuantitatif jenis survei diikuti dengan penelitian kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan angket. Sedangkan pengumpulan data kualitatif menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Populasi penelitian adalah 17 SMP di Kodya Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siaran TV Edukasi belum memberikan peran yang signifikan dalam meningkatkan sumber belajar bagi siswa SMP di Kodya Yogyakarta. (2) Siaran TV Edukasi belum berperan yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar bagi siswa SMP di Kodya Yogyakarta. Kata kunci: televisi edukasi (TVe), sumber belajar, motivasi belajar.

Downloads

Published

2014-04-01

Issue

Section

Articles