PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEORI KOGNITIF MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI JURUSAN TKJ SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Authors

  • Dyah Ayu Kusumaningrum Universitas Negeri Yogyakarta
  • Eko Marpanaji Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/tp.v1i1.2457

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui keefektifan implementasi e-learning dengan pendekatan teori belajar kogntif multimedia pembelajaran di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D, yang meliputi empat tahap, yaitu: planning, design, development, dan summative evaluation. Hasil pengembangan produk e-learning berupa manajemen pembelajaran online dengan software aplikasi moodle versi 2.4 dengan alamat alamat http://etkj.web.id. Kelayakan produk e-learning pada aspek media mendapatkan nilai 3.88 (kategori baik), pada aspek materi mendapatkan nilai 3.88 (kategori baik), dan aspek respon siswa mendapatkan nilai 3.64 (kategori baik). E-learning dengan pendekatan teori kognitif multimedia pembelajaran efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: e-learning, kognitif multimedia pembelajaran

Downloads

Published

2014-04-01

Issue

Section

Articles