PENGARUH FLUKTUATIF HARGA BARANG POKOK DAN NON POKOK TERHADAP PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Naning Pujiati, IAIN Ponorogo, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari fluktuasi harga barang pokok dan non pokok terhadap permintaan dan penawaran. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah harga-harga dari barang pokok dan non pokok dari beberapa waktu penjualan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian survey dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, sehingga sumber data adalah data primer. Subjek dalam wawancara adalah pedagang toko.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif deskripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga yang fluktuatif sangat berpengaruh pada permintaan dan penawaran barang tersebut. Harga tinggi pada barang pokok menyebabkan perubahan tidak signifikan terhadap permintaan dan penawarannya, karena barang pokok adalah barang yang sangat penting. Berbeda dengan barang non pokok jika harga tinggi pembeli dapat menangguhkan permintaan dari barang itu atau berlalih pada barang pengganti yang mirip yang lebih murah. Karena pada dasarnya dari segi kegunaan barang non pokok dibawah barang pokok.

 

 

Abstract: This study aims to determine the effect of price fluctuations in basic and non-basic goods on demand and supply. The factors examined in this study are the prices of basic and non-basic goods from several sales times. This research is included in survey research with a qualitative approach. The technique of collecting data by interview, so that the data source is primary data. The subjects in the interview were shop traders. The data analysis technique used qualitative descriptive analysis. The results of this study indicate that fluctuating prices greatly affect the demand and supply of these goods. High prices for basic goods cause insignificant changes in demand and supply, because basic goods are very important goods. It is different from non-basic goods if the price is high, the buyer can suspend the demand for the goods or switch to similar substitutes which are cheaper. Because basically in terms of the use of non-basic goods under the basic goods.


Keywords


Barang Non Pokok; Barang Pokok; Harga; Penawaran; Permintaan

Full Text:

PDF

References


Ahman, Eeng, & Rohmana, Y. (2009). Teori Ekonomi Mikro. Rizqi Press.

Alimuddin. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kendaraan Bermotor Roda Dua di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 12(1), 3–5.

Fattach, A. (2017). Teori Permintaan Dan Penawaran Dalam Ekonomi Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 2(3), 451–460. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpim.v2i3.56

Gafar, S. (2008). Manajemen Kebutuhan Pokok. Jurnal Pangan, 51(2), 34.

Khasanah, I. (2013). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap Di Semarang. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(1), 93–102. https://doi.org/10.15294/jdm.v4i1.2427

Nasir, M. (2004). Analisis permintaan mie instan indomie komoditas terkait di kota kecamatan kabupaten sukoharjo. Jurnal Benefit, 8(1), 90–108.

Nuraini, I. (2016). Pengantar Ekonomi Mikro. UMMPress.

Pontoh, R., Palar, S. W., Maramis, M. T. B., Ekonomi, F., Ilmu, J., Pembangunan, E., & Ratulangi, U. S. (2016). Permintaan Dan Penawaran Beras Di Indonesia (Pada Tahun 2003 - Tahun 2013). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 833–844.

Raharjo, R. H. (2015). Analisis Pengaruh Keberadaan Minimarket Modern terhadap Kelangsungan Usaha Toko Kelontong Di Sekitarnya (Studi Kasus Kawasan Semarang Barat , Banyumanik, Pedurungan Kota Semarang).

Septiadi, D., & Joka, U. (2019). Analisis Respon dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Beras Indonesia. Jurnal Agribisnis Lahan Kering, 4(3), 42–44. https://doi.org/10.32938/ag.v4i3.843

Sugiarto, dkk. (2009). Ekonomi Mikro Sebuah Kajian Komprehensif. Gramedia Pustaka Utama.

Sukirno, S. (2013). Teori Pengantar Mikroekonomi. PT RajaGrafindo.

Syafii, Ahmad, dkk. (2020). Ekonomi Mikro. Yayasan Kita Menulis.

Tarigan, W., Lubis, Z., & Zein, Z. (2011). Analisis Permintaan Dan Penawaran Beras. Jurnal Agribisnis Sumatera Utara, 4(1), 18–30.

Yopi Nisa Febianti. (2015). Penawaran dalam Ekonomi Mikro. Jurnal Edunomic, 3(1), 159–167.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International