KEEFEKTIFAN VCT DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN NILAI NASIONALISME, DEMOKRASI, DAN MULTIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2429Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran sejarah dengan menerapkan Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan nilai nasionalisme, demokrasi dan multikultural, dengan memperhatikan gaya belajar siswa Visual dan Auditori). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Data dianalisis menggunakan analisis faktorial 2x2 dengan α= 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa rerata hasil belajar afektif siswa dengan pembelajaran VCT lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan teknik konvensional (151,47>138,91; α 0,000). Kesimpulannya, teknik klarifikasi nilai (VCT) efektif untuk penanaman nilai nasionalisme, demokrasi, dan multikultural melalui pembelajaran sejarah, baik pada siswa yang bergaya belajar auditori maupun visual.Kata Kunci: Keefektifan, VCT, Gaya Belajar
Downloads
Published
2014-03-01
How to Cite
Sadono, M. Y., & Masruri, M. S. (2014). KEEFEKTIFAN VCT DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN NILAI NASIONALISME, DEMOKRASI, DAN MULTIKULTURAL. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2429
Issue
Section
Articles
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
![]() | Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS by http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |