PENGARUH E-LEARNING EDMODO DENGAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR

Syifa Fauziyah, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Mochamad Bruri Triyono, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh dari pembelajaran e-learning edmodo dengan model blended learning terhadap minat belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan quasy-experimental design with pretest-posttest and control group. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan intax group comparison. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di salah satu SMK Negeri yang ada di Yogyakarta. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode kuisioner dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan uji-t sedangkan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran e-learning edmodo dengan model blended learning menggunakan rumus standart gain dari Ricard R. H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan e-learning edmodo model blended learning dengan siswa yang belajar dengan bantuan slide presentasi. Selain itu, ditinjau dari nilai gain pada pembelajaran e-learning edmodo dengan model blended learning memiliki kriteria sedang dan pada kelas yang dibelajarkan dengan bantuan slide presentasi memiliki kategori rendah.

THE EFFECT OF EDMODO E-LEARNING USING BLENDED LEARNING MODEL ON LEARNING INTEREST

This study was aimed at investigating the effect of edmodo e-learning using blended learning model on learning interest. This study used quantitative research combined with quasy-experimental design and pretest-posttest and control group. The sample was chosen using intax group comparison. Sixty students were chosen as the sample of this study consisting of 2 classes of Computer and Network Engineering Expertise Program at one of the State Vocational Schools in Yogyakarta. The data were collected using questionnaire and observation methods. The data then analyzed using t-test. To determine the effectiveness of edmodo e-learning using blended learning model, the standard gain formula proposed by Ricard R.H. was used. The results of this study show that there is a significant effect between the students learning using edmodo e-learning with blended learning model compares to the students learning using presentation slides only. Viewed from the gain value, edmodo e-learning with blended learning model has medium criteria, while the class taught with the aided of presentation slides has a low category.


Keywords


e-learning, edmodo, blended learning, minat belajar

Full Text:

PDF

References


Abdussakir. (2013). Penggunaan komputer untuk pembelajaran matematika. Journal Madrasah, 5(2), 117-133.

Aeni, N., Prihatin, T., & Utanto, Y. (2017). Pengembangan model blended learning berbasis masalah pada mata pelajaran sistem komputer. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 84-97. Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/15642/9212.

Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.

Barron, A. B., Hebets, E. A., Cleland, T. A., Fitzpatrick, C. L., Hauber, M. E., & Stevens, J. R. (2015). Embracing multiple definitions of learning. Trends in neurosciences, 38(7), 405-407. Diunduh dari https://digitalcommons.unl.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1058&context=bioscihebets.

Helianak, A. S., & Surjono, H. D. (2014). Pengembangan e-learning mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di SMA Negeri 3 Kupang. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-14. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/2455/2041.

Hidayat, Z., Saefudin, A., & Sumartono. (2018). Motivasi, pemikiran kritis dan verifikasi akademik siswa SMA dalam perilaku penemuan informasi. Record and Library Journal, 3(1), 10-24. Diunduh dari https://e-journal.unair.ac.id/RLJ/article/download/7287/4413.

Khairunnisa. (2017). Peran guru dalam pembelajaran. Dalam Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (pp. 413-416). Medan: FIS UNIMED.

Lachman, S. J. (2010). Learning is a process: Toward an improved definition of learning. The Journal of Psychology, 131(5), 477-480. Diunduh dari https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00223989709603535.

Muchlis, M. (2018). Strategi peningkatan penerapan metode pembelajaran e-learning pada program sarjana. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1), 141-152. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/9578/pdf.

Nap, Y. (2016). Pengaruh relasi sebaya terhadap minat belajar siswa kelas V SD Gugus 3 Sewon Bantul. Basic Education, 5(7), 719-729. Diunduh dari https://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/vieFile/1251/1128.

Nu’man, A. Z. (2014). Efektifitas penerapan e-learning model edmodo dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa (Studi kasus: SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo). DutaCom Journal, 7(1).

Oktaria, D., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2013). Pengembangan website bahan ajar turunan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 43(2), 107-115. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/1965.

Olivia, F. (2007). Membantu anak punya ingatan super. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Privantiastika, C. I., & Nurohman, S. (2015). Pengembangan konten e-learning berbasis edmodo pada materi gerak lurus untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. e-Journal Universitas Negeri Yogyakarta, 4(1). Diunduh dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/10283/46/1169.

Raharja, S. (2011). Model pembelajaran berbasis learning management system dengan pengembangan software moodle di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran 41(1), 55-70. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/504/368.

Sundari. (2017). Pengaruh guru sebagai pembelajaran dalam memotivasi peserta didik usia SD. Dalam Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar” Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI (pp. 60-76). Diunduh dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1665/1287.

Syah, M. (2003). Psikologi belajar (Cetakan II). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim APJII. (2018). Buletin APJII, 22. Diunduh dari https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI22Maret2018.pdf.

Yudha, R. I. (2018). Pengaruh teman sebaya dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Kota Jambi. ISTORIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 2(1), 108-113. Dunduh dari http://istoria.unbari.ac.id/index.php/OJSISTORIA/article/download/22/18.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27562

Refbacks



Copyright (c) 2020 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats