PENGEMBANGAN WEBSITE BAHAN AJAR TURUNAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Dina Oktaria, Prodi Matematika Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Zulkardi Zulkardi, FKIP Universitas Sriwijaya, Indonesia
Somakim Somakim, FKIP Universitas Sriwijaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan website bahan ajar turunan yang valid dan praktis, serta memiliki efek potensial terhadap minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA

1 SMA Negeri 6 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough, observasi, dan angket. Walkthrough digunakan untuk mengetahui pendapat dari expert review tentang validitas dari segi konten, konstruk, dan bahasa. Observasi digunakan untuk melihat aktivitas peserta didik. Angket digunakan untuk mengetahui minat belajar peserta didik. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, website bahan ajar turunan yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan praktis. Valid berdasarkan pada expert review. Praktis berdasarkan pada one to one dan small group. Kedua,website bahan ajar turunan yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap minat belajar peserta didik dengan persentase peserta didik yang berminat sebesar 70%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v43i2.1965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

Flag Counter