THE EFFECTIVENESS OF THE POWER OF TWO STRATEGY ON CRITICAL THINKING SKILLS HIGH SCHOOL STUDENT

Riana Putri, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Anik Ghufron, Yogyakarta State University

Abstract


KEEFEKTIFAN STRATEGI THE POWER OF TWO
TERHADAP KECAKAPAN CRITICAL THINKING SISWA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas strategi the power of two terhadap kecakapan critical thinking. Penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental design. Penelitian dilaksanakan di sekolah dengan kemampuan level tinggi, sedang, dan rendah di daerah Kabupaten Bantul Yogyakarta pada Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel kelas dipilih dengan menggunakan teknik random sampling terpilih 2 kelas pada masing-masing sekolah. Data yang dikumpulkan adalah data tes kecakapan critical thinking. Data dianalisis melalui uji independent sampel t-test dan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan strategi the power of two lebih efektif daripada menggunakan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking siswa SMA Kelas XI MIPA, terdapat perbedaan kecakapan critical thinking pembelajaran yang menggunakan strategi the power of two dan pembelajaran yang menggunakan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah, dan ada interaksi antara penggunaan strategi the power of two dan sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah terhadap kecakapan critical thinking peserta didik.
Kata kunci: the power of two, critical thinking, strategi ekspositori

Abstract

This study was aimed at examining the effectiveness of the power of two strategy on critical thinking skills. This research was chategorized as a quasi-experimental design research. The study was conducted in high, medium and low-level schools in Yogyakarta in the even semester of the 2018/2019 school year. Class samples were selected using a random sampling technique, then 2 classes were selected in each school. The data collected were critical thinking skills test data. There data then analyzed through independent sample t-test and ANOVA test. The results show that the power of two strategy was more effective than using expository strategies for the critical thinking skills of high school students. There were differences in critical thinking learning skills using the power of two strategy and expository strategy for critical thinking skills in schools with high, medium, and low levels. There is also an interaction between the use of the power of two strategy towards the students' critical thinking skills.


Keywords


the power of two, critical thinking, expository strategy power of two, active learning

Full Text:

PDF

References


Arend, B. (2009). Encouraging critical thinking in online threaded discussion. The Journal of Education Online, 6(1), 1-23.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyo, B. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. Jurnal Aksioma, 8(1), 50-64.

Ennis, R. H. (1991). Critical thinking. New Jersey: Printice-Hall Inc.

Ennis, R. H. (2011). The nature of criti-cal thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. Universitas of Illinois. Diunduh dari http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/turalofCriticalThinking_51711_00.

Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. California: Measured Reasons and The Californias Acedemic Press.

Gafur, A. (2012). Desain pembelajaran: Konsep, model, dan aplikasinya dalam perencanaan pelaksanan pembelajar-an. Yogyakarta: Ombak.

Gall, M. D., Gall, Joice, P., & Borg, W. R. (2007). Educational research: an introduction (8th ed.). Boston: Pearson.

Hanifli. (2017). Penerapan strategi the power of two untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas X SMAN 9 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(1), 11-15.

Kalelioglu, F., & Gulbahar, Y. (2014). The effect of instructional techniques on critical thinking and critical thinking dispositions in online discussion. Journal Educational Technology & Society, 17(1), 248-258.

Kemendikbud. (2017). Panduan implemen-tasi kecakapan abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemendikbud.

Lestari, A. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis dengan model pembela-jaran inkuiri pada pembelajaran biologi kelas VII-A SMP Negeri 3 Long Kali tahun ajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional II Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajaran, Samarinda, 355-373.

Mahapoonyanont, Natcha. (2012). The causal model of some factors affecting critical thinking abilities. Procedia-social and behavioral science, 46, 1255-1264.

Pradipta, A. W., & Sofyan, H. (2015). Implementasi PBL untuk meningkatkan motivasi, kreativitas dan pemahaman konsep. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 2(1), 33.

Pribadi, B. A. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Prince, M. (2004). Does active learning work? Journal of Engineering Edu-cation, 93(3), 223-231.

Schafersman. (1991). An introduction to critical thinking. Diunduh dari http://facultycenter.ischool.syr.edu/wp-content/uploads/2012/02/CriticalThink ing.pdf.

Silberman, Melvin L. (2013.) Active learning: 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, P. D., Parno, & Kusairi, S. (2018). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam model pembelajaran terintegritasi. Jurnal Kependidikan, 2(2), 348-360.

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 223-231). Surakarta.

Snyder, G. L., & Synder, M. J. (2008). Teaching critical thinking and problem solving skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 1(2), 90.

Tiurma, L., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan pembelajaran multimedia materi dimensi tiga ditinjau dari prestasi dan minat belajar matematika di SMA. Jurnal Kependidikan, 44(2), 175-187.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21th century skills: Learning for life in our times. Hoboken: Jossey-Bass.

Uswatun, D. A., & Rohaeti, E. (2015). Perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking skills dan scientific attitude siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 138-152.

Ventista, O. M. (2018). Multi-trait multi-method matrices for the validation of creativity and critical thinking assesments for secondary school in England and Greece. International Journal Assessment Tools in Education, 5(1), 16-17.

Wandira, S. M. A., Asih, I., & Pamungkas, A. S. (2017). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan the power of two ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-18.

Widiana, I. W., Suarjana, I. M., & Dewi, N. P. I. C. (2019). Pengoptimalan aktivitas mencoba dengan berbasis proyek untuk meningkatkan dimensi proses kognitif siswa. Jurnal Kependidikan, 3(1), 15-27.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.26435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats