Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ular Tangga Sandi di Museum Sandi Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/diklus.v8i2.87724Abstract
Inovasi dalam pembentukan media pembelajaran menjadi salah satu prioritas utama sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas pendidikan di berbagai lingkup pendidikan, baik lembaga formal, informal, maupun non formal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses media pembelajaran sejarah melalui permainan ular tangga sandi di Museum Sandi melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain penelitian menggunakan pendekatan studi kasus. Partisipan penelitian ini adalah seorang Edukator Museum, Mentor Junior Edukator Museum Sandi MSIB Batch 6, dua orang peserta magang Junior Edukator Museum Sandi MSIB Batch 6, dan tiga orang pengunjung Museum. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan dilakukan dengan menetapkan tujuan pembelajaran, sumber atau bahan ajar, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan merancang penilaian hasil belajar; (2) Pelaksanaan media pembelajaran melalui permainan ular tangga diawali dengan pemberian edukasi terlebih dahulu, dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan museum dan diakhiri pengunjung dapat bermain ular tangga sandi sebelum atau sesudah berkunjung ke Museum. (3) Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dengan ketercapaian aspek yang dinilai yaitu kemampuan penguasaan pemahaman materi dan aspek komunikasi dalam menjawab pertanyaan saat permainan. Kontribusi dari penelitian ini adalah diharapkan dapat menjadi referensi dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis game dalam konteks pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sulaeman Fityan Saputra, Imam Shofwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
![]() | Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |