PENGEMBANGAN MATERI AJAR FISIKA BERMUATAN AUTHENTIC LEARNING PADA POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR

Mustika Wati, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat
Misbah Misbah, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan efektivitas materi ajar fisika bermuatan authentic learning pada pokok bahasan gerak melingkar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ASSURE. Desain uji coba pada penelitian ini berupa one-group pretest-posttest design. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah 27 orang peserta didik kelas X program MIPA di salah satu SMA Negeri di Banjarmasin. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes dan instrument non-tes. Instrumen tes berupa tes hasil belajar pretest dan posttest peserta didik berbentuk soal essai yang meliputi level C1 hingga C5. Sementara instrumen non-tes berupa angket respon peserta didik yang ditinjau berdasarkan aspek kemudahan, aspek manfaat, dan aspek efisiensi. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor angket respon peserta didik untuk mengukur kepraktisan dan uji N-gain dari hasil belajar pretest-posttest untuk mengukur efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar fisika bermuatan authentic learning pada pokok bahasan gerak melingkar praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


materi ajar;authentic learning; gerak melingkar



DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.40320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

Flag Counter