PENGARUH FOMO (FEAR OF MISSING OUT), FLASH SALE, LIVE STREAM SHOPPING TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA KONSUMEN LIP PRODUK DI TIKTOK SHOP

Authors

  • Nova Rahma Dwi Pangastuti Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Dian Kusumaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jep.v22i2.91677

Keywords:

Impulsive Buying, FOMO, Flash Sale, Live Shopping, TikTok Shop.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Fear of Missing Out (FOMO), Flash Sale, dan Live Stream Shopping terhadap Impulsive Buying pada konsumen yang membeli lip produk melalui TikTok Shop. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 94 responden dikumpulkan menggunakan kuesioner daring. Hasil penelitian menunjukkan Flash Sale berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Impulsive Buying. Hal ini mengindikasikan bahwa keterbatasan durasi atau produk belum mampu memicu pembelian impulsif secara konsisten. Sebaliknya, FOMO (Fear of Missing Out) dan Live Stream Shopping mampu meningkatkan Impulsive Buying secara signifikan. Adanya interaksi langsung streamer dengan konsumen dan rasa takut ketinggalan penawaran menciptakan dorongan pembelian yang kuat, memotivasi konsumen untuk segera melakukan pembelian lip produk secara impulsif melalui fitur belanja di TikTok.

Kata kunci: Impulsive Buying, FOMO, Flash Sale, Live Shopping, TikTok Shop.

References

Al Jonet, A. S. H., Purwanto, S., & Ariescy, R. R. (2024). Pengaruh Flash Sale dan Live Streaming terhadap Pembelian Impulsif pada Marketplace Shopee di Kota Surabaya. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 9(1), 285–292. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1598

Anisa, A., Risnawati, R., & Chamidah, N. (2022). Pengaruh Word of Mouth Mengenai Live Streaming TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131–143. https://doi.org/https://doi.org/10.47431/jkp.vli2.230

Cahyani, N. K. S., Agung, A. A. P., & Kusuma, I. G. N. A. G. E. T. (2025). Pengaruh Beauty Influencer, Online Customer Review Dan Fear Of Missing Out (Fomo) Terhadap Impulse Buying Produk Somethinc Pada Aplikasi Tiktok Shop (Studi Pada Pengguna Tiktok Shop di Kota Denpasar). 6(1), 107–116.

Caniago, P. D., & Elsandra, Y. (2025). Pengaruh Flash Sale dan Shopee Live terhadap Impulsive Buying ( Studi Kasus Pengguna Shopee Di Kota Padang ). Journal of Business Economics and Management, 01(03), 603–610.

Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati. (2020). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(2), 58. https://doi.org/10.26858/je3s.v1i2.18635

Herlina, Loisa, J., & Matius, T. (2021). Pengaruh Model Promosi Flash Sale terhadap Minat Pembeli dan Keputusan Pembeli di Marketplace Online. JIMEA Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen Ekomoni & Akuntansi), 5(2), 1637–1652.

Kurniawan, R. A., & Nugroho, R. H. (2024). Pengaruh Content Marketing, Live Streaming dan Flash Sale terhadap Impulse Buying pada Pengguna Aplikasi Tiktok Shop di Surabaya: Studi pada Pengguna Tahun 2022-2023. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 2367–2379. https://doi.org/https://Doi.Org/10.47467/Reslaj.V6i4.1319

Mufti, R. D. W., & Hariyanto, D. (2025). Pengaruh Content Marketing di Tiktok dan FOMO ( Fear Of Missing Out ) terhadap Impulsive Buying pada Mahasiswa UMSIDA. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 14(1), 68–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33366/jisip.vl4il.3173

Permana, E., Hadityaputri, A. A., Azzahra, F. I., & Syamsurizal. (2024). Strategi Pemasaran Flash Sale Live Shopping Tiktok Shop Terhadap Minat Konsumen Dalam Membeli Produk Maybelline. 2(4).

Putri, L. S., Purnama, D. H., & Idi, A. (2025). Gaya Hidup Pengidap Fear of Missing Out di Kota Palembang. Jurnal Masyarakat & Budaya, 21(2), 129–148. https://doi.org/https://doi.org/10.14203/jmb.v21i2.867

Qurniawati, R. S., Indriastuti, A., & Nurohman, Y. A. (2025). Pengalaman, Brand Attitude, Dan Fomo Pada Perilaku Pembelian Impulsif Generasi Z Saat Berbelanja Online. Jurnal Manajemen Dayasaing, Volume 27(No. 1), 1–18.

Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Flash Sale, Live Shopping, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Skintific Di Shopee(Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). 2(10), 2740–2755. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.897

Ramadhan, R. (2022). Survei: 45% Masyarakat Indonesia Doyan Belanja di TikTok Shop. https://kumparan.com/kumparantech/survei-45-masyarakat-indonesia-doyan-belanja-di-tiktok-shop-1yuKNSdzT2z/full

Ramadhani, L. N., & Nugroho, D. A. (2024). Pengaruh Live Streaming, Flash Sale, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulsive Buying. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 3(1), 207–215. https://doi.org/10.21776/jmppk.2024.03.1.21

Roscoe, J. T. (1975). Applied Multiple Regression : Correlation Analysis for The Behavioral Sciences. Holt, Rinehart and Winston.

Salsa. (2025). KOL.ID Report: Berapa Banyak KOL Beauty TikTok di Indonesia? https://kol.id/blog/kol-id-report-berapa-banyak-kol-beauty-tiktok-di-indonesia

Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442–452. https://doi.org/https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2353

Sari, P. R., Efendi, N., & Joe, S. (2025). Pengaruh Fomo , Hedonic Shopping , Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulsive Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (JWEM), 15(02), 157–170. https://doi.org/https://doi.org/10.55601/jwem.v15i2.1929

Septiyani, & Hadi, E. D. (2024). Pengaruh Flash Sale , Live Streaming Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying ( Study Pembelian Produk Berrybenka Pada Pengguna Aplikasi Shopee ). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 7(1), 970–980. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1505

Syandana, daf A., & Dhania, D. R. (2024). Hubungan Antara Fear Of Missing Out ( Fomo ) Dan Gaya Hidup Hedonis Dengan Impulsive Buying Pada Mahasiswa Pengguna E-Commerce. 8(3), 691–705.

Ubaedilah, N., Isyanto, P., & Romli, A. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Impulsif Pada Pengguna Tiktok Shop. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(1), 46–56. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i1.875

Yustanti, N. V., Ariska, Y. I., & Ervina, R. (2022). Dampak Tagline “Gratis Ongkos Kirim” Online. dan Program Flash Sale pada Marketplace Shoppe untuk Mendorong Impulsive Buying secara Online. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(DNU 14 TH), 109–120. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1

Downloads

Published

2025-11-28

How to Cite

[1]
Nova Rahma Dwi Pangastuti and Dian Kusumaningtyas 2025. PENGARUH FOMO (FEAR OF MISSING OUT), FLASH SALE, LIVE STREAM SHOPPING TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA KONSUMEN LIP PRODUK DI TIKTOK SHOP. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 22, 2 (Nov. 2025), 33–44. DOI:https://doi.org/10.21831/jep.v22i2.91677.

Issue

Section

Articles

Citation Check